Cara Merawat Wajah Agar Tidak Berjerawat Dan Berminyak

Cara Merawat Wajah Agar Tidak Berjerawat Dan Berminyak – Wajah berjerawat umumnya dialami para remaja usia belasan. Tubuh remaja yang sedang dalam masa pubertas memproduksi banyak hormon-hormon pertumbuhan. Hormon-hormon ini seringkali menimbulkan efek ke kulit berupa jerawat dan masalah kulit lainnya. Namun, sebenarnya banyak faktor lain yang membuat kulit mudah berjerawat. Itu mengapa masalah jerawat tidak melulu dialami para remaja, namun juga orang dewasa. Beberapa faktor seperti faktor genetik, stress, pola hidup dan asupan gizi juga ikut menentukan apakah kulit seseorang mudah berjerawat atau tidak. Orang yang memiliki kulit berminyak cenderung akan mengalami masalah jerawat.

Cara Merawat Wajah Agar Tidak Berjerawat Dan Berminyak

Kulit berminyak biasanya menimbulkan masalah-masalah kulit yang sangat mengganggu. Kulit berminyak umumnya terlihat mengkilap, kusam dan kurang cerah. Apabila menggunakan make up, kulit yang berminyak tidak mudah menerimanya. Sehingga riasan tidak bisa menempel dan mudah luntur. Oleh karena itu, apabila teman-teman memiliki kulit yang berminyak, sangat disarankan untuk lebih rajin membersihkan wajah. Teman-teman juga harus teliti dalam memilih produk pembersih kulit. Produk yang salah justru dapat membuat produksi minyak wajah menjadi lebih tinggi. Gunakan produk yang diformulakan khusus untuk kulit berminyak.

Sponsored link:

Advertisement by Google

Kulit berminyak dapat terbebas dari jerawat apabila selalu dibersihkan. Jangan sampai kotoran, debu atau make up menempel di wajah tanpa dibersihkan sebelum tidur. Kotoran dan sisa make up yang menumpuk di pori-pori wajah mengakibatkan masalah jerawat. Sebaiknya wajah dibersihkan dengan lotion pembersih wajah dan dilanjutkan dengan facial foam. Gunakan air dingin saja ketika membilas facial foam tersebut agar pori-pori mengecil. Penggunaan air hangat hanya akan membuat pori-pori terbuka dan membesar. Gunakan toner khusus untuk kulit berminyak supaya kotoran dan makeup yang masih tersisa dapat terangkat dengan sempurna.

Setelah wajah bersih, teman-teman bisa menggunakan produk perawatan kulit berjerawat. Gunakan obat jerawat yang mengandung belerang atau sulfur karena lebih efektif dalam membunuh bakteri penyebab jerawat. Sulfur juga berguna untuk mengurangi peradangan dan mengeringkan jerawat dengan lebih cepat. Seminggu sekali gunakan masker khusus untuk jerawat agar jerawat cepat mengempis tanpa meninggalkan bekas pada kulit wajah. Usahakan untuk tidak memencet jerawat atau memegang-megang kulit terlalu sering karena hal tersebut hanya akan mentransfer bakteri dari tangan ke kulit wajah.

Kulit berminyak dan berjerawat tetap memerlukan pelembab. Gunakan pelembab yang berbahan dasar air. Saat ini banyak produk pelembab termasuk produk perawatan anti-aging yang dikhususkan untuk kulit berminyak dan berjerawat. Perawatan kulit tersebut harus didukung dengan banyak minum air putih, berolah raga dengan teratur serta istirahat yang cukup. Hindari stress yang berkepanjangan, karena hal tersebut justru dapat memicu hormon-hormon untuk berproduksi lebih banyak. Ketidak seimbangan hormone dapat menyebabkan gangguan pada kulit seperti jerawat.

Sponsored link:

loading...

Related Posts