Cara Mengobati Kulit Terbakar Sinar Matahari Yang Terasa Perih

Bagaimana sih cara mengobati kulit terbakar sinar matahari ,rasanya perih banget! Tenang cantik, melalui artikel ini kamu akan menemukan solusinya. Buat kamu yang senang bermain di pantai, segala aktivitas seru yang dilakukan ini bisa membahayakan buat kulit kamu. Sengatan dari panas matahari bisa berakibat kulit menjadi terasa terbakar serta kadang diikuti rasa nyeri. Kulit akan terasa terbakar lantaran tidak dilindungi dari paparan sinar matahari langsung, baik itu dengan pakaian atau krim pelindung tubuh dari sinar matahari (sunblock). Luka bakar kategori ringan ini ditandai dalam bentuk kulit kamu yang menjadi berubah kemerah-merahan, dan dalam beberapa kasus akan menjadi seperti sedikit lecet ,timbul rasa yang menyengat ,dan jika kamu menyentuhnya maka akan terasa perih. Berikut ini adalah beberapa langkah awal yang bisa kamu lakukan untuk membantu meredakan rasa perih akibat terkena sengatan sinar matahari ini.

mengobati kulit terbakar sinar matahari

Tempelkan handuk yang dingin serta basah pada bagian kulit yang terbakasr selama kurang lebih 10 sampai dengan 15 menit dan terus diulang beberapa kali sehari untuk membantu mengurangi panas pada kulit. Mandilah dengan air yang sejuk, hal ini bisa membantu meredakan rasa sakit yang ada di kulit. Keringkanlah bagian tubuh kamu yang basah dengan lembut, yaitu cukup menepuk-nepuk dengan menggunakan handuk tetapi tidak boleh sampai terlalu kering. Kemudian setelah itu bisa dioleskan pelembap untuk kulit guna mengunci kelembapan air pada kulit dan sekaligus menghindarkan kulit menjadi kering.

Gunakanlah jenis pelembap kulit yang terbuat dari bahan alami seperti kedelai atau lidah buaya untuk membantu memberikan rasa lega pada kulit kamu yang terbakar oleh sinar matahari. Kandungan lidah buaya ini bisa dengan baik membantu dalam menyejukkan kulit. Hindari pemakaian lotion yang ada kandungan petroleoum, lidocaine atau benzocaine, karena hal ini akan membuat panas di kulit yang hendak dikeluarkan justru bisa terperangkap dan bisa mengiritasi kulit.

Sponsored link:

Advertisement by Google

Konsumsi juga obat-obatan yang mengandung ibuprofen untuk membantu menghilangkan rasa perih dari dalam tubuh, mengempeskan adanya bengkak (jika ada), mengurangi adanya kulit kemerahan serta mengontrol rasa sedikit tidak nyaman yang timbul karena terbakar ini.

Minumlah banyak air, ini sangat penting! karena pada kulit yang terbakar sinar matahari ini bisa berakibat bagian dalam tubuhmengering serta rentan mengalami ancaman dehidrasi. Dengan banyak minum air putih setelah mengalami masalah kulit terbakar ini, maka kamu bisa menghindarkan diri segera dari ancaman dehidrasi dan kondisi yang memburuk.

Jika tampak muncul benjolan-benjolan kecil yang menyerupai bisul, jangan pernah memencet atau dengan sengaja ingin memecahkannya. Hal ini dikarenakan tindakan yang kamu lakukan tersebut malah justru akan memperburuk luka bakar yang kamu alami. Kulit yang kemudian memunculkan benjolan kecil serta dalam kondisi lanjutan tampak sedikit melepuh merupakan tanda-tanda terjadinya kondisi luka bakar pada derajat 2. Segera temuilah dokter bila kamu mengalami hal ini.

Jika disertai munculnya rasa mual, maka solusinya adalah segera periksa ke dokter. Biasanya, munculnya rasa mual ini juga disertai dengan gejala pusing dan kondisi tubuh akan menjadi lemas, merasakan dingin dan dalam beberapa kasus bisa sampai hilang kesadaran. Kondisi-kondisi ini bisa mengindikasikan bahwa kamu sudah harus mendapatkan penanganan yang lebih serius.

Selama periode masa penyembuhan pada kulit terbakar sinar matahari ini, usahakan untuk selalu melindungi kulit yang mengalami ganguan dengan memakai pakaian yang tertutup. Selain itu juga harus menghindari dulu paparan sinar matahari langsung. Gunakanlah selalu pakaian yang berbahan rajutan rapat guna membantu menghindari paparan dari sinar matahari langsung sekecil apapun. Tanda dari jenis pakaian rajutan yang rapat adalah tidak tembus cahaya yang masuk saat pakaian kamu arahkan ke sinar matahari.

Agar kulit bisa terhindar dari masalah luka bakar ini, lindungilah kulit kamu dengan selalu memakai sunblock ataupun sunscreen pada saat kamu melakukan aktivitas dan pekerjaan di luar ruangan. Ok, semoga artikel mengobati kulit terbakar sinar matahari bisa membantu, silahkan share ke fb kamu agar teman lain bisa terbantu.

Sponsored link:

loading...

Related Posts