Cara Mengobati dan Merawat Kulit Leher Bayi Merah

Iritasi dan ruam pada kulit leher bayi sering terjadi. Apalagi bayi yang baru saja lahir. Iritasi tersebut membuat kulit leher bayi merah. Penyebab kulit leher bayi menjadi merah pun juga bermacam-macam. Penumpukan keringat dalam waktu lama membuat iritasi di lipatan leher bayi dan akan menjadi tempat berkembang biak jamur. Kekeringan pada kulit bayi juga bisa menyebabkan leher bayi berwarna merah yang diakibatkan pemakaian sabun mandi yang kurang bersih atau mengandung zat antiseptik. Leher bayi yang terlalu gemuk atau intertrigo juga dapat menyebabkan ruam dan iritasi pada kulit leher bayi. Ini disebabkan karena bayi kesulitan untuk menggerakkan lehernya sehingga terjadi gesekan.  Untuk mengatasi dan mengobati ruam pada kulit leher bayi ada beberapa cara.

kulit leher bayi merah

Menggunakan Sabun Khusus Bayi

Sponsored link:

Advertisement by Google

Ini sangat penting agar para ibu menggunakan sabun khusus bayi karena sabun ini lebih lembut dan tidak menyebabkan kulit leher merah. Jangan sekali-kali mencoba menggunakan sabun wangi dan mewah tanpa melihat efek sampingnya pada kulit bayi. Selain itu, gunakanlah sponge bayi yang kering dan hangat untuk mengelap leher bayi agar kulit leher bayi tidak merah. Menggunakan sponge bayi lebih baik daripada menggunakan handuk karena ini lebih lembut untuk kulit bayi.

Mengeringkan Tubuh Bayi Secara Menyeluruh

Yang terpenting untuk menghindari kulit leher bayi merah adalah setelah bayi mandi adalah mengeringkan tubuhnya. Pengeringan ini dilakukan setelah mencuci dan membersihkan kulit leher bayi dari keringat dan kotoran yang menempel secara menyeluruh. Kulit leher bayi yang basah atau lembab menjadikan kulit leher bayi akan lebih mudah teriritasi.

Memilih Pakaian yang Tepat untuk Bayi

Ada baiknya Anda melakukan pencegahan terlebih dahulu sehingga iritasi pada leher tidak terlalu parah. Sebaiknya Anda memakaikan pakaian yang longgar dan berbahan adem untuk bayi agar mudah menyerap keringat sang bayi. Bahan pakaian yang kurang tepat bisa membuat kulit leher bayi merah. Anda juga harus cerdas dalam menjaga keadaan dan suhu kamar tetap sejuk. Hal ini dimaksudkan agar kulit bayi tidak menjadi merah karena iritasi yang disebabkan udara yang panas. Udara panas membuat bayi akan berkeringat terus.

Sponsored link:

loading...

Related Posts