Cara Menghilangkan Ngantuk Saat Belajar dan Berkendara di Pagi Hari

Siapa yang sama sekali belum pernah merasakan kantuk? Pasti setiap manusia normal pernah mengalaminya. Nah, tahukah anda apakah itu kantuk? Rasa mengantuk pada diri seseorang sebenarnya adalah alarm alami yang terpasang pada tubuh untuk mengingatkan bahwa orang tersebut butuh istirahat atau tidur. Faktanya, pemicu munculnya rasa kantuk bukan hanya kurang tidur, sobat! Masih banyak fakta unik pemicu munculnya kantuk yang seharusnya kita ketahui seperti kurang aktifitas olahraga, gejala dehidrasi, lapar atau gejala penyakit tertentu seperti anemia dan juga diabetes. Tak peduli dengan pemicunya, apapun itu, rasa kantuk yang menyerang di kala anda beraktifitas sangatlah mengganggu bahkan bisa juga berbahaya terutama ketika anda sedang berkendara. Lalu, bagaimana cara menghilangkan ngantuk ini?

cara menghilangkan ngantuk

 

Pastikan Tidur Cukup dan Biasakan Sarapan

Sponsored link:

Advertisement by Google

Waktu tidur yang kurang pada malam hari akan menimbulkan rasa kantuk pada pagi harinya. Untuk itu, pastikanlah anda mendapatkan jam tidur yang cukup minimal 6 jam. Jika memang banyak hal yang harus anda lakukan di malam hari, paling tidak luangkanlah waktu setidaknya 2 jam untuk tidur. Anda bisa bangun dan kembali mengerjakan pekerjaan anda setelah itu. Hindari minum kopi atau minuman mengandung kafein lainnya di jam tidur anda. Cara menghilangkan ngantuk di pagi hari lainnya adalah dengan membiasakan diri anda sarapan terlebih dahulu sebelum beraktifitas di pagi hari. Rasa lapar karena belum memakan apapun sebelum beraktifitas dapat menjadi pemicu utama rasa kantuk anda muncul. Di pagi hari, minum secangkir teh atau kopi juga sangat berguna mencegah anda mengantuk pada saat aktifitas di kantor atau kelas dimulai.

Cari Pengalih Perhatian

Malu mungkin akan menjadi kata pertama yang muncul di benak anda ketika suatu pagi anda ketahuan tertidur pulas di meja kerja anda oleh atasan anda bahkan sampai mendengkur atau mengeluarkan air liur. Untuk menghindari mimpi buruk tersebut, carilah pengalih perhatian sebagai cara menghilangkan ngantuk saat belajar atau bekerja. Pastinya harus dengan cara yang tepat. Siapkan segelas air putih di atas meja kerja anda. Minumlah air tersebut setiap 10-15 menit sekali. Lalu setiap 30-60 menit sekali, lakukanlah gerakan ringan seperti berjalan-jalan keluar ruangan anda, mengunjungi teman di divisi lain atau ke toilet. Pastikan ruangan anda terang bukannya remang-remang yang akan membuat anda lebih mengantuk. Putar musik bernada nge-beat kesukaan anda dan ikutlah berdendang menyanyikan lagu tersebut sekali-sekali.

Cuci Muka

Ketika anda berada di jalan dalam posisi berkendara, cara menghilangkan ngantuk saat berkendara yang baik adalah dengan menghentikan kendaraan anda di tempat umum dengan fasilitas toilet dan area peristirahatan. Cuci muka anda dan basahi pergelangan tangan dan kaki anda. Jika kantuk masih melanda, beristirahatlah sejenak sebelum melanjutkan perjalanan anda.

Sponsored link:

loading...

Related Posts