Cara Mengenalkan Warna untuk Bayi Anda

Bagaimana cara mengenalkan warna untuk bayi akan kami sajikan melalui artikel ini khusus untuk sobat Begitu.Com semuanya. Bagi Anda yang memiliki balita saat ini bisa mulai memberikan pendidikan pra sekolah kepada balita Anda tersebut. Diyakini anak balita memiliki kemampuan belajar sesuatu secara mengagumkan dimasanya tersebut. Ia akan dengan mudah menyerap setiap informasi yang diperolehnya tersebut.

cara mengenalkan warna untuk bayi

(c) shutterstock.com

Memang, untuk anak usia balita, setiap informasi baik yang berguna maupun tidak akan diserapnya, sehingga janganlah sampai informasi yang diserap lebih banyak sisi buruknya daripada sisa baiknya. Salah satu hal yang bisa memberikannya pengetahuan yang bermanfaat padanya adalah mengenalkan macam-macam warna kepadanya.

Mendidik anak untuk mengenal warna sedari kecil sangatlah mudah dilakukan. Pendidikan warna untuknya dapat diberikan lewat berbagai cara, seperti melalui nyanyian yang berulang-ulang. penyebutan aneka benda-benda di dalam dan sekeliling rumah yang memiliki warna-warna yang menarik perhatian dengan menyebutkan nama-nama warna dari benda tersebut, atau lewat aneka mainan yang diberikan kepadanya.

Sponsored link:

Advertisement by Google

Ada sebuah lagu anak yaitu lagu balonku yang sarat dengan pendidikan warna bagi anak. Kebanyakan orang tua hanya menyanyikan lagu tersebut di depan anaknya hingga anaknya bisa menyanyikan lagu tersebut pula. Ada yang dilupakan disini. Anda bisa menggunakan media berupa balon yang cukup menarik minat anak untuk memainkannya.

Anda mungkin perlu menyiapkan balon-balon beraneka warna. Sambil bernyanyi Anda bisa menunjuk ke balon-balon tersebut sambil menyebutkan nama warnanya. Mungkin Anda bisa berimprovisasi dengan menyebut warna lainnya dari balon-balon yang ada lewat lagu yang sama, yang tentunya perlu Anda persiapkan terlebih dahulu balon-balon berwarna lain tersebut.

Janganlah ia cuma ditinggalkan untuk bermain sendirian dengan mainannya. Bukan tidak mungkin ia akan tumbuh menjadi anak bandel karena ia merasa diabaikan oleh Anda. Di dalam mainannya sebenarnya banyak terkandung elemen warna yang bisa menjadi bahan pembelajaran. Lebih baik Anda mendampinginya saat ia sedang bermain dengan mainannya tersebut. Anda dapat menyisipkan pendidikan warna kepadanya tanpa disadarinya, yaitu Anda bisa mengulang-ulang menyebut warna dari benda tersebut.

Untuk mengenal warna dengan baik, tidak perlu memiliki bayi cemerlang atau bayi super jenius seperti yang banyak dicontohkan lewat iklan televisi. Dimana anak bayi yang ada berperilaku sangat jenius dan mampu menyebutkan warna-warna yang ada dengan tepat. Anak yang dilatih untuk mengenal warna tidak boleh dipaksakan oleh orang tuanya. Pelatihan harus didasari sikap sabar. Hanya orang tua yang sabar yang bisa memberikan pendidikan warna kepada anak balitanya hingga berhasil.

Sponsored link:

loading...

Related Posts