Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami dan Sehat

Rambut merupakan mahkota bagi seseorang baik bagi pria maupun wanita. Sehingga keindahan dan kesehatan rambut harus diperhatikan secara khusus. Jangan sampai rambut kita terlihat kusam, rontok, berketombe dan susah ditata. Apabila hal itu terjadi, maka kita akan terlihat kurang menarik dan akan menimbulkan rasa kurang percaya diri. Rambut rontok disebabkan oleh banyak faktor seperti tidak cocok dalam penggunaan shampo atau minyak rambut, pada saat hamil atau usai melahirkan, pil KB, mengalami stress bahkan setelah mengalami sakit demam yang cukup lama.

Cara Mengatasi Rambut Rontok

Perawatan rambut secara alami menjadi solusi untuk mengatasi kerontokan rambut. Bahan-bahan yang mengandung antitoksin sangat baik untuk rambut dan mampu mencegah terjadinya rambut rontok. Berikut ini ada beberapa cara untuk mengatasi rambut yang rontok.

  • Tidak Mengikat Rambut Terlalu Kencang

Untuk mengatasi rambut yang rontok, sebaiknya menghindari kebiasaan mengikat rambut yang terlalu kencang. Karena terlalu kencang dalam mengikat secara tidak langsung akan menarik akar rambut. Dengan begitu, rambut akan mudah rontok. Selain itu juga hindari menggunakan aksesoris rambut yang cukup berat.

  • Perawatan Menggunakan Minyak Alami

Minyak zaitun memiliki manfaat yang cukup baik untuk kesehatan rambut. Karena dapat melembutkan rambut dan merangsang tumbuhnya rambut secara cepat. Jika cara tersebut dilakukan secara rutin, maka akan menghasilkan rambut yang indah, kuat, lembut dan berkilau.

Sponsored link:

Advertisement by Google

  • Menggunakan Conditioner

Untuk menghindari rambut menjadi rontok sebaiknya menghindari setiap hari keramas. Cukup 2 sampai 3 hari sekali keramas dan gunakan conditioner sehabis keramas. Hal itu bertujuan untuk melembutkan dan melembabkan rambut supaya tidak mudah kusut dan lebih mudah ditata.

  • Menghindari Penggunaan Hairdryer

Penggunaan hairdryer yang terlalu sering dapat mengakibatkan rambut menjadi kering dan bercabang. Apabila mengharuskan menggunakan hairdryer, sebaiknya pendingin yang terdapat pada hairdryer, supaya tidak terlalu panas. Selain menghindari penggunaan hairdryer yang terlalu sering, sebaiknya juga menghindari penggunaan alat catok. Karena kedua alat tersebut dapat merusak rambut jika penggunaannya terlalu sering.

  • Jeruk Nipis

Dalam merawat rambut yang rontok sebaiknya melakukan perawatan menggunakan jeruk nipis untuk mengatasinya. Jeruk nipis merupakan buah yang kaya akan vitamin dan antioksidan sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan rambut. Caranya cukup mudah, ambil jeruk nipis yang sudah bersih dan belah menjadi dua bagian. Kemudian, gosok-gosokkan diatas kulit kepala dan bagian seluruh rambut sambil di pijat-pijat dengan pelan. Diamkan selama kurang lebih 15 menit dan bilas hingga bersih. Selain untuk mengatasi rambut rontok, jeruk nipis dapat merangsang pertumbuhan rambut baru secara cepat dan dapat mengatasi ketombe pada kulit kepala.

  • Lidah Buaya

Selain jeruk nipis ternyata juga memiliki fungsi yang sama yaitu untuk melebatkan dan menghitamkan rambut. Caranya juga hampir sama, ambil lidah buaya yang sudah bersih kemudian belah menjadi 2 dan ambil lendirnya. Lendir tersebut diusap-usapkan pada rambut dari akar hingga ujung rambut sambil dipijat. Biarkan selama 15 menit kemudian bilas dengan air hingga bersih. Untuk perawatan menggunakan jeruk nipis dan lidah buaya sebaiknya dilakukan 1 sampai 2 kali dalam seminggu untuk memberikan hasil yang maksimal.

Demikian cara merawat rambut rontok secara alami, teman-teman dapat melakukannya sendiri di rumah tanpa harus keluar untuk pergi ke salon.

Sponsored link:

loading...

Related Posts