Cara Mengajukan Klaim Asuransi Perjalanan

Kali ini kita akan bahas tentang cara mengajukan klaim asuransi perjalanan setelah sebelumnya kita membahas tentang bagaimana memilihnya. Pemegang polis asuransi perjalanan perlu mengetahui langkah-langkah tepat untuk menangani situasi darurat, juga untuk mengajukan klaim asuransi yang sukses.

cara mengajukan klaim asuransi perjalanan

Jadi, di artikel ini kami meringkas kompleksitasnya dan menjelaskan pada Anda proses dasar pengajuan klaim asuransi perjalanan.

Yang Perlu Anda Lakukan Saat Terjebak Di Situasi Darurat

Kalau di situasi darurat itu Anda membutuhkan penanganan medis, hubungi rumah sakit setempat dan mintalah bantuan medis sesegera mungkin–keselamatan Anda adalah prioritas utama.

Kemudian hubungi pihak berwenang setempat yang relevan (misalnya, polisi untuk kasus pencurian) dan jelaskan situasi Anda. Sebaiknya coba juga kontak perusahaan asuransi Anda di tahap ini. Biasanya perusahaan asuransi akan membantu Anda dengan prosedur yang dibutuhkan untuk mengatasi situasi darurat tersebut.

Yang Perlu Anda Siapkan Untuk Pengajuan Klaim Asuransi Perjalanan

Sponsored link:

Advertisement by Google

Sama seperti pengajuan klaim asuransi lainnya, Anda perlu membeberkan sebanyak mungkin informasi relevan. Termasuk di antaranya menyediakan dokumen perjalanan dan dokumen pribadi. Beda perusahaan asuransi, beda pula proses pengajuan dan dokumen yang dibutuhkan. Tapi, untuk memastikan klaim Anda berlangsung cepat dan sukses, berikut daftar dokumen yang diminta oleh sebagian besar perusahaan asuransi:

Dokumen identitas pribadi (misal: paspor, KTP, dan lain-lain).

  • Formulir klaim asuransi perjalanan–biasanya bisa Anda akses lewat situs perusahaan asuransi. Pastikan Anda mengisi formulir klaim itu dengan akurat dan lengkap.
  • Jadwal perjalanan
  • Tiket penerbangan dan boarding pass
  • Informasi barang bawaan–ketika mengajukan klaim kehilangan atau kerusakan barang bawaan, siapkan daftar barang yang hilang beserta nilai masing-masing, juga foto-foto barang yang rusak
  • Dokumen medis (misal: laporan medis, sertifikat kematian, dan lain-lain)–untuk pengajuan klaim berobat atau kematian
  • Surat keterangan dari kepolisian–untuk kasus-kasus pencurian
  • Bukti pembayaran dan kuitansi yang relevan (misal: tagihan rumah sakit, kuitansi hotel)
  • Notifikasi dari maskapai penerbangan–tiap komunikasi yang disampaikan oleh maskapai penerbangan untuk mengonfirmasi adanya penundaan atau masalah lainnya.

Demikian sedikit yang bisa kami sampaikan tentang cara mengajukan klaim asuransi perjalanan yang kami rangkum dari beberapa sumber di internet. Untuk lebih jelsnya silahkan dikonsultasikan dengan agen masing-masing, terima kasih.

Sponsored link:

loading...

Related Posts