Cara Memandikan Bayi Dengan Benar Dan Aman

Bunda, kalai ini kita akan membahas tentang cara memandikan bayi dengan benar dan aman untuk pasangan muda yang baru punya momongan. Bayi dan balita membutuhkan perhatian khusus dari orang tua, bahkan ketika mandi. Sebagai orang tua yang baik, anda tentu menginginkan agar kulit bayi dan balita anda tetap sehat dan halus, dan ada banyak cara memandikan bayi dengan benar sehingga dapat mencegah kulit bayi dari iritasi dan penyakit kulit.

cara memandikan bayi dengan benar

(c) shutterstock.com

Cara yang diadopsi dari pengalaman pribadi ini sangat aman untuk bayi dan balita, bahkan anda dapat mengembangkan cara ini dengan metode-metode anda sendiri. Yang penting Bunda nyaman dalam melakukan dan bayipun senang saat dimandikan.

Catatan : Jika Anda termasuk pasangan muda yang masih sangat minim pengalaman dan juga jauh dari orang tua. Kami sangat menyarankan Anda untuk mencatat apa yang kami sajikan disini dan membawanya ke bidan atau tetangga yang lebih tua untuk berkonsultasi. Silahkan nanti dicatat poin-poin pentingnya!

Pertama, pastikan air yang akan digunakan untuk mandi cukup hangat namun tidak terlalu hangat dan juga tidak terlalu dingin, bayi anda akan memberikan respons terkejut jika air terlalu panas atau terlalu dingin. Jadi jika anda melihat reaksi terkejut tersebut, sebaiknya rasakan kembali airnya.

Sponsored link:

Advertisement by Google

Kedua, setelah temperatur air cukup aman buat bayi anda, anda dapat memulai untuk memandikan bayi anda. Pastikan anda memegang ketiak sebelah dalam bayi anda, sehingga posisinya akan sangat aman ketika adanya gerakan kaki si bayi. Penggunaan bak khusus mandi bayi akan sangat membantu karena permukaan bak dibentuk khusus untuk menopang pantat bayi dan anda dapat memandikan bayi anda dengan benar.

Selanjutnya anda dapat mulai menyiram tubuh bayi anda dengan perlahan, jangan ada siraman mendadak terutama di siraman pertama. Dalam menggunakan sabun pun anda harus melakukannya dengan hati-hati agar tidak terkena mata atau masuk ke telinga.

Ketika anda hendak membersihkan punggung bayi anda, anda dapat membalikkan badan si bayi dengan posisi dagu bersandar di pergelangan tangan anda, hindari untuk menyiram kepala dari belakang karena kemungkinan air untuk masuk ke dalam telinga semakin besar.

Untuk melengkapi bahasan kita kali ini, disini kami sematkan sebuah video yang di upload oleh Imam Nuryadin di Youtube tentang cara memandikan bayi yang benar. Semoga setelah nanti Bunda melihat video ini akan menjadi semakin paham dan tahu cara meandikan bayi yang baik dan benar.

Ada pesan khusus yang disampaikan dalam video ini, yaitu untuk Bunda yang masih belajar atau baru pertama kali punya bayi, hendaknya bisa lebih pelan-pelan dalam melakukannya. Dalam video ini Bunda yang memandikan bayi sudah berpengalaman dan merupaka nenek dari si Bayi.

Demikian beberapa cara memandikan bayi yang benar sehingga anda dapat mencegah kulit bayi anda dari penyakit dan ruam. Terima kasih atas kunjungannya dan silahkan dibagikan di facebook atau google plus Anda jika ada teman lain yang membutuhkan.

Sponsored link:

loading...

Related Posts