Cara Memakai Softlens Untuk Pemula Agar Tidak Perih dan Nyaman

Pada mulanya softlens atau lensa kontak hanya digunakan sebagai alat bantu lihat bagi seseorang yang menderita mata minus selain kaca mata. Namun saat ini, penggunaan softlens juga sebagai trend fashion. Softlens memang bisa membuat mata menjadi lebih indah, namun banyak juga yang belum mengetahui bagaimana cara memakai softlens untuk pemula agar tidak perih???Padahal hal ini sangatlah penting untuk diperhatikan. Apalagi sofltlens merupakan benda asing yang bersentuhan langsung dengan bola mata. Sehingga sangat sensitif dalam penakaiannya, karena jika salah dalam pemakaian maka bisa berakibat fatal bagi mata.

cara memakai softlens untuk pemula

Sebenarnya, menggunakan softlens bisa dilakukan sendiri tanpa perlu bantuan dari orang lain. Namun anda harus mengetahui syarat dan langkah-langkah memakai softlens yang benar. Untuk menghindari segala sesuatu yang bisa membahayakan mata, berikut ini adalah cara menggunakan softlens untuk pemula yang aman dan benar.

Cara menggunakan softlens yang aman dan benar yaitu dimulai dari menjaga kesterilan atau kebersihan softlens itu sendiri agar tidak iritasi pada mata. Sebelum anda memakai softlens, sebaiknya pastikan tangan anda bersih dengan mencuci tangan menggunakan sabun antiseptik. Hal ini bertujuan untuk membunuh kuman dan juga bakteri yang menempel pada tangan.

Perlu juga anda perhatikan bahwa janganlah menggunakan body lotion sebelum memakai softlens, ini dikarenakan zat-zat yang terkandung di dalam body lotion bisa menempel di softlens sehingga bisa menyebabkan iritasi. Pastikan juga keringkan tangan hingga benar-benar kering sebelum menyentuh softlens.

Sponsored link:

Advertisement by Google

Perhatikan juga kondisi dari softlens itu sendiri, pastikan softlens teredam di dalam cairan khusus softlens dalam tempatnya. Selanjutnya yaitu bersihkan softlens dengan cara menggosok kedua bagian atau sisi softlens tersebut menggunakan cairan pembersih khusus softlens. Lakukan dengan hati-hati agar softlens tidak rusak atau koyak.

Perhatikan kondisi softlens anda, apakah masih dalam keadaan bagus atau tidak. Caranya yaitu dengan mengamati apakah ada bagian yang robek atau ada kotoran yang menempel. Selain kebersihan softlens, anda juga harus menjaga kebersihan dan juga kelembaban mata anda. Oleh sebab itu, sebaiknya anda tidak menggunakan softlens saat tidur, karena di saat tidur mata akan lebih kering dan softlens menjadi susah untuk dilepaskan. Rajin-rajinlah menggunakan obat tetes mata yang dikhususkan untuk pengguna softlens agar kondisi mata selalu lembab dan tidak iritasi.

Langkah-langkah menggunakan softlens untuk pemula agar tidak perih :

  1. Bersihkan tangan menggunakan sabun antiseptik dan keringkan
  2. Ambil softlens anda dari tempatnya. Letakkan pada bagian ujung telunjuk tangan anda. gunakan telunjuk kanan untuk memasang softlens pada mata kiri, begitu juga sebaliknya.
  3. Gunakan satu tangan untuk memegang softlens, kemudian tangan yang satunya lagi mengangkat bagian atas kelopak mata.
  4. Lihat ke atas dan letakkan softlens dengan lembut pada bola mata
  5. Usap lembut bagian kelopak mata dan tutup mata
  6. Kedipkan sebanyak 5 kali. Ini akan membuat softlens menjadi tidak mudah bergeser.

Semoga dengan cara memakai softlens untuk pemula di atas bisa membantu menghilangkan rasa pedih pada mata anda. Jika sahabat ME berkenan, mohon bantuannya ya untuk di share artikel ini, agar teman-teman kita lainnya yang mungkin saat ini sedang sangat membutuhkan artikel ini bisa terbantu. Kami berterima kasih kalian sudah berkenan berkunjung ke website ini, dan sampai bertemu kembali dengan minyakesensial.com di artikel selanjutnya.

Sponsored link:

loading...

Related Posts