Bunda Wajib Baca Tips Merangsang Kreatifitas Anak Ini

Bagaimana merangsang kreativitas anak? Seperti yang kita sama-sama ketahui bahwa kreatifitas merupakan unsur penting dalam tumbuh kembang anak.  Bagaimana mereka bisa berkembang menjadi anak yang berdaya pikir kritis dan peka, semua berawal dari sebuah kreatifitas. Sebagai orangtua, sebaiknya kita mengambil peran sebagai promotor yang melahirkan kreatifitas anak-anak dengan tips-tips penting berikut ini.

merangsang kreativitas anak

Sediakan lingkungan yang aman utk anak-anak ber eksplorasi, melakukan banyak kegiatan untuk memenuhi rasa ingin tahunya. Caranya beri anak keleluasaan ruang namun tetap diberitahu mengenai hal-hal/benda-benda yang harus ia waspadai. Contoh:stop kontak dll.

Sponsored link:

Advertisement by Google

Tunjukkan sikap pada anak bahwa kita memang merangsang dan menghargai rasa ingin tahu kreatifitasnya. Orangtua pasti pernah menemukan situasi dimana suatu ketika anak ingin tahu sesuatu dengan mengacak-acak atau menggunakan benda-benda milik orangtuanya. Sebaiknya jangan marahi, karena jika ia dimarahi, keinginan untuk mengembangkan kreatifitasnya bisa hilang.  Tunjukkan pada anak dengan kata-kata yang menyemangati. Misal: “waaaahh..bedak mama habis kamu pakai ya? Tidak apa-apa, tapi mama yakin nanti kamu besar kamu pintar berdandan.

Pilih peralatan dan aneka mainan yang materialnya aman untuk anak serta jenisnya sesuai usia anak.

Hargai waktu yang diperlukan anak untuk diam sejenak saat mungkin dia sedang berkesperimen, berimajinasi , atau mencari  ide  dll.

Libatkan anak dalam mengatasi persoalan yang sekarang sedang dihadapi. Seperti misalnya, ‘Mama kesulitan buka tutup obat, kamu bisa bantu?’

Kita harus jadi sosok model yang menunjukkan kemampuan kreatifitas yang bisa dicontoh anak. Mulai dari memecahkan masalah sehari-hari , mengemukakan pendapat. Menyediakan variasi snack yang dibuat sendiri bisa menjadi contoh kreatifitas bagi anak.

Libatkan anak dalam kegiatan kehidupan sehari-hari dan percakapan yang kreatif yang merangsang daya pikir kritisnya.

Demikian beberapa tips merangsang kreatifitas anak yang kami kumpulkan dari berbagai sumber di internet. Semoga bermanfaat dan silahkan share jika berkenan.

Sponsored link:

loading...

Related Posts