Bunda Lihat Kembali Keunggulan dan Manfaat Pemberian Air Susu Ibu ASI

ASI (Air Susu Ibu) adalah makanan yang paling penting dan utama untuk bayi dan dengan alasan apapun tidak dapat secara memadai digantikan oleh makanan lain, termasuk susu formula. Untuk alasan ini, perempuan hamil harus sangat memperhatikan apa yang mereka makan dan pastikan mereka makan makanan yang sehat dan bergizi selama kehamilan. Lalu apa saja keunggulan dan manfaat pemberian ASI bagi bayi?

manfaat air susu ibu

(c) shutterstock.com

ASI dikenal mampu menyediakan hampir semua nutrisi bagi bayi. pemberian ASI selama 2 tahun sangat dianjurkan untuk para ibu karena manfaatnya yang luar biasa bagi bayi mereka dan juga bagi para ibu.

Spesialis medis telah merekomendasikan bahwa pemberian ASI harus dilakukan secara eksklusif untuk enam bulan pertama. Ini berarti bahwa pada enam bulan pertama kehidupan bayi, tidak boleh ada pemberian makanan padat, formula bahkan  air putih, cukup hanya ASI selama enam bulan.

Selama periode itu, ibu juga harus memastikan bahwa mereka mengonsumsi nutrisi terbaik untuk menyusui serta meningkatkan kualitas dan kuantitas ASI mereka. Berikut adalah beberapa keunggulan dan manfaat pemberian ASI untuk anak-anak serta ibu mereka.

Meningkatkan kecerdasan anak Anda

Sponsored link:

Advertisement by Google

Studi yang dilakukan oleh berbagai peneliti telah menunjukkan bahwa anak-anak yang memperoleh ASI, memiliki skor yang lebih tinggi dalam tes IQ dibandingkan mereka yang tidak mendapatkan ASI. Telah terbukti bahwa asam lemak dalam ASI berkontribusi untuk ini. Selain itu, ikatan emosional antara ibu dan bayi selama menyusui juga dikatakan berkontribusi terhadap efek kekuatan otak ini.

Perlindungan terhadap penyakit

Selain mengandung semua protein, vitamin, lemak yang dibutuhkan bayi dalam enam bulan pertama hidupnya, ASI diperkaya dengan zat pelawan penyakit yang dapat melindungi bayi Anda dari semua jenis penyakit seperti meningitis, infeksi telinga, pernapasan penyakit dan bahkan diare. Selain itu, perlindungan ASI terhadap penyakit melampaui tahap menyusui bayi Anda. Perlindungan ini cukup unik, susu formula tidak bisa tidak akan mampu bersaing dengan susunan kimiawi air susu manusia.

Perlindungan terhadap alergi

Menyusui juga mengurangi risiko bayi terkena segala macam alergi. Bayi yang diberi susu formula berbasis susu sapi atau kedelai cenderung untuk terkena alergi lebih sering daripada anak yang diberi ASI dan bahkan lebih rentan terhadap radang dan masalah kesehatan lainnya.

Biaya efektif

Ibu yang menyusui bayi mereka tidak perlu menghabiskan uang untuk membeli susu formula dengan harga selangit tersebut. Selain itu, karena menyusui meningkatkan kualitas kesehatan bayi Anda, Anda tidak perlu menghabiskan uang banyak hanya untuk biaya medis yang berkaitan dengan kesehatan bayi Anda.

Ayo para ibu, berikanlah yang terbaik bagi bayi Anda. Tidak ada yang dapat menggantikan keunggulan dan manfaat pemberian ASI bagi bayi. Mulai sekarang katakanlah tidak pada susu formula, karena bayi Anda berhak mendapatkan yang terbaik di masa emasnya.

Sponsored link:

loading...

Related Posts