Bunda Ingin Tahu Bagaimana ASI Diproduksi? Baca Dulu Ini

Bagaimana ASI diproduksi? Mengetahui bagaimana payudara bekerja untuk menghasilkan ASI dapat membantu Anda memahami bagaimana tentang proses menyusui secara keseluruhan. Payudara itu sendiri adalah kelenjar yang terdiri dari beberapa bagian, termasuk:

bagaimana asi diproduksi

(c) shutterstock.com

Kelenjar jaringan – jaringan tubuh bertugas membuat dan melepaskan satu atau lebih zat untuk digunakan dalam tubuh. Beberapa kelenjar membuat cairan yang mempengaruhi jaringan atau organ lain, membuat hormon atau membantu dengan produksi darah. Pada payudara, jaringan tersebut terlibat dalam produksi ASI.

Jaringan ikat – jenis jaringan tubuh yang mendukung jaringan lain dan mengikat mereka bersama-sama. Jaringan ini memberikan dukungan pada payudara.

Darah – cairan dalam tubuh terdiri dari plasma, sel darah merah dan putih, serta trombosit. Darah membawa oksigen dan nutrisi ke dan bahan limbah dari semua jaringan tubuh. Pada payudara, darah memelihara jaringan payudara dan memberikan nutrisi yang dibutuhkan untuk produksi ASI.

Getah – cairan hampir tak berwarna yang bergerak melalui sistem limfatik dan membawa sel-sel yang membantu melawan infeksi dan penyakit. Getah jaringan pada payudara membantu menghilangkan limbah.

Sponsored link:

Advertisement by Google

Saraf – sel yang merupakan blok bangunan dari sistem saraf (sistem yang mencatat dan mengirimkan informasi kimia dan elektrik dalam tubuh seseorang). Saraf jaringan pada payudara membuat payudara sensitif terhadap sentuhan, memungkinkan isapan bayi untuk merangsang let-down reflex atau ASI – ejeksi refleks dan produksi ASI. Pelajari lebih lanjut tentang let-down reflex.

Jaringan lemak – jaringan ikat yang mengandung lemak yang tersimpan. Hal ini juga dikenal sebagai jaringan adiposa. Jaringan lemak pada payudara melindungi payudara dari cedera. Jaringan lemak adalah apa yang kebanyakan mempengaruhi ukuran payudara wanita. Ukuran payudara tidak berpengaruh pada jumlah ASI atau kualitas ASI seorang wanita membuat.

Sel-sel khusus di dalam payudara Anda membuat ASI. Sel-sel ini disebut alveoli (al- VEE – uh – leye). Ketika payudara Anda menjadi lebih penuh dan lembut selama kehamilan, ini adalah tanda bahwa alveoli bersiap-siap untuk bekerja. Beberapa wanita tidak merasakan perubahan dalam payudara mereka. Orang lain mungkin merasakan perubahan ini setelah bayi mereka lahir.

Alveoli membuat ASI dalam menanggapi hormon prolaktin (proh – LAK – timah). Prolaktin meningkat saat bayi menyusu. Hormon lain, seperti oksitosin (oks – ee – TOH – suhn), menyebabkan otot-otot kecil di sekitar sel berkontraksi dan memindahkan ASI melalui serangkaian tabung kecil yang disebut saluran ASI. Ini membuat ASI bergerak dan disebut dengan let-down reflex.

Oksitosin juga menyebabkan otot-otot rahim berkontraksi selama dan setelah kelahiran. Hal ini membantu rahim kembali ke ukuran aslinya. Hal ini juga mengurangi pendarahan seorang wanita mungkin memiliki setelah melahirkan. Pelepasan kedua prolaktin dan oksitosin dapat bertanggung jawab dalam bagian karena merasa kuat seorang ibu perlu untuk bersama bayinya.

Itu tadi sekilas tentang bagaimana ASI diproduksi yang coba kami rangkum dari berbagai sumber di internet, semoga bermanfaat dan happy breastfeeding yah Bun.

 

Sponsored link:

loading...

Related Posts