Bunda Harus Tahu Cara Mengajarkan Pola Makan Sehat Pada Anak

Bagaimana mengajarkan pola makan sehat pada anak kita? Sudah bukan rahasia lagi bahwa tinggi maksimum seorang anak dapat tumbuh tergantung pada nutrisinya. Genetika menjabarkan potensi setiap individu memang menjadi salah satu faktor utama, tapi dengan olahraga teratur dan nutrisi yang lebih baik, juga akan ikut menentukan tinggi dan kesehatan keseluruhan dari seorang anak yang sedang tumbuh. Inilah sebabnya mengapa mengajarkan pola makan sehat pada anak sejak usia dini menjadi sangat penting. Terutama dalam masyarakat di mana ada akses mudah ke makanan yang tidak terlalu sehat untuk anak-anak atau siapa pun untuk hal itu.

pola makan sehat untuk anak

(c) shutterstock.com

Semakin awal Anda mengajarkan kepada anak-anak untuk membuat pilihan menu makan yang lebih baik semakin mudah untuk bagi mereka untuk mempraktekkan kebiasaan makan yang baik. Jika Anda bisa meyakinkan anak-anak Anda untuk makan buah-buahan dan sayuran yang sehat tanpa harus bersusah payah, maka Anda tidak akan harus berurusan dengan perjuangan untuk memperkenalkan mereka pada makanan baru, sehingga anak tidak hanya mau memakan makanan yang itu-itu saja. Hal ini akan mudah untuk membiasakan mereka untuk makan sehat.

Namun ketika anak Anda mengabaikan untuk makan makanan sehat, maka itu artinya Anda memiliki masalah. Mencari cara untuk meyakinkan mereka untuk makan makanan yang lebih sehat. Misalnya, Anda dapat memberikan mereka sayuran saat makan malam dan disajikan dengan kentang tumbuk. Katakan kepada anak Anda untuk mencampur sayuran mereka seperti jagung dan brokoli dengan kentang tumbuk mereka untuk menutupi rasa. Setelah beberapa waktu mereka akan terbiasa untuk makan makanan ini dan memakannya tanpa kesulitan apapun.

Sponsored link:

Advertisement by Google

Mengajarkan pola makan sehat pada anak dimulai dengan orang tua, itu berarti Anda. Dalam rangka untuk memotivasi anak-anak Anda untuk makan sehat, mereka harus mencontoh kebiasaan makan Anda. Anak-anak mencerminkan apa yang mereka lihat dari orangtua mereka, lebih dari yang Anda pikirkan. Ini berarti anak-anak Anda harus melihat dan mencontoh Anda makan sehat sehingga mereka tahu itu adalah hal yang baik untuk dilakukan juga oleh mereka. Tampilkan komitmen Anda dan menjadi contoh yang baik bagi anak Anda. Anda ingin memastikan bahwa mereka melihat makan sehat positif dan tidak dalam cara yang negatif. Paksaan tidak akan membuahkan hasil, karena anak-anak tidak melakukan apa yang mereka dengar, melainkan apa yang mereka lihat.

Mengontrol porsi makan adalah sesuatu yang harus Anda ajarkan pada anak-anak Anda sejak dini. Biarkan anak-anak Anda tahu bahwa yang penting adalah bagaimana mereka makan berdasarkan kebutuhan dan bukan berdasarkan keinginan, sehingga mereka akan belajar untuk berhenti makan ketika merasa kenyang dan tidak berlebihan. Jika anak Anda terus menuntut makanan, maka Anda mungkin harus sedikit ketat dan mengontrol berapa banyak yang mereka makan. Mencari tahu berapa banyak seorang anak pada usia tertentu harus makan dan mencoba untuk mengontrol porsi makanan mereka. Latihan membantu mengurangi rasa lapar bila tidak diperlukan. Ajak anak Anda untuk keluar dan bermain menangkap bola, berjalan, atau menyelesaikan beberapa bentuk permainan lainnya dengan anak Anda sehingga mereka dapat berkeringat dan olahraga sedikit.

Pilihan makanan yang lebih baik bukanlah sesuatu yang seharusnya hanya dilakukan sekali dalam beberapa saat. Anda harus membentuk kebiasaan rutin dengan anak Anda untuk makan sehat setiap hari. Pastikan dia, atau semua anak-anak Anda terus-menerus makan makanan sehat. Jika anak Anda sudah terbiasa menyantap makanan sehat sebagai menu sehari-hari mereka, Anda tidak perlu khawatir jika sesekali mereka menyantap kue dan es krim kegemaran mereka, asalkan tidak berlebihan. Cara yang baik untuk diterapkan adalah memberi makan mereka 80% dari total makanan mereka dengan menu yang bergizi dan yang lainnya 20% dengan makanan yang mereka sukai. Ini berarti satu dari setiap lima makanan boleh saja pilihannya jatuh pada burger dan kentang goreng atau pizza. Selama Anda konsisten dengan memberi makan anak-anak Anda dengan makanan yang sehat dan mereka mendapatkan cukup olahraga sepanjang minggu, pertumbuhan mereka akan bagus. Mengajarkan pola makan sehat pada anak sejak usia dini adalah kunci untuk mencegah obesitas, diabetes, dan memastikan bahwa mereka tumbuh menjadi individu yang sehat dan kuat.

Sponsored link:

loading...

Related Posts