Beberapa Penyebab Gula Darah Tinggi Yang Perlu Kita Ketahui

Gula darah tinggi seringkali disebabkan oleh pola makan yang salah. Seseorang yang memiliki kadar gula tinggi dalam darah akan menyebabkan kencing manis atau diabetes. Diabetes akan memicu terjadinya komplikasi seperti gangguan pada jantung dan ginjal. Berikut adalah penyebab gula darah tinggi.

Beberapa Penyebab Gula Darah Tinggi

Pola makan yang salah

Dalam konsumsi makanan sehari-hari, seringkali tidak memperhatikan kandungan apa saja yang ada di makanan tersebut. Seseorang biasanya makan untuk memuaskan rasa lapar dan karena makanan tersebut enak, padahal seharusnya tidak begitu. Makanan berfungsi untuk memenuhi kebutuhan tubuh, bukan asal kenyang dan enak saja. Tubuh memerlukan nutrisi yang cukup, agar menjalankan fungsinya dengan baik. Penyebab gula darah tinggi pada seseorang karena ia memiliki pola makan yang salah. Jika ia makan makanan yang banyak mengandung lemak, gula, dan kolesterol dalam sehari maka dengan cepat kadar gula darahnya akan naik.

Misalnya saja dalam sehari anda makan rendang, gorengan, hot dog, teh manis, kue, dan yang lainnya tanpa kontrol. Dengan demikian akan membuat gula darah akan langsung naik yang berakibat pada diabetes. Karena hal tersebut memaksa pankreas untuk bekerja keras dalam memproduksi hormon insulin yang berfungsi untuk menormalkan kadar gula dalam darah. Jika pankreas tidak mampu memenuhi kebutuhan insulin dengan optimal, maka kelebihan gula akan dibuang melalui urine dan timbullah diabetes.

Malas bergerak dan olahraga

Sponsored link:

Advertisement by Google

Bergerak dan olahraga mempunyai fungsi untuk meningkatkan kekuatan serta kebugaran tubuh. Olahraga juga berfungsi untuk membakar kalori yang menumpuk pada tubuh. Kalori jika tidak dibakar akan menyebabkan kadar gula darah yang tinggi. Untuk itu malas bergerak dan olahraga semakin membuat kalori menumpuk pada tubuh dan menyebabkan kadar gula tinggi. Kalori yang berlebih juga dapat menyebabkan kelebihan berat badan.

Obesitas

Kelebihan berat badan atau yang biasa disebut dengan obesitas akan meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh. Timbunan lemak pada tubuh meningkatkan risiko besar orang tersebut memiliki kadar gula darah yang tinggi.

Ibu hamil

Ibu yang sedang hamil diharuskan untuk konsumsi makanan yang banyak untuk memberikan nutrisi pada diri dan bayinya. Akan tetapi jika ibu hamil salah makan atau asal makan, apalagi makanan tersebut mengandung banyak gula dan lemak, maka akan meningkatkan kadar gula dalam darahnya.

Kebiasaan merokok

Bagi perokok aktif sebaiknya mulai hati-hati sekarang, karena merokok ternyata menjadi penyebab gula darah tinggi yang paling sering terjadi. Selain itu merokok juga sangat berbahaya untuk kesehatan tubuh karena dapat mengakibatkan berbagai penyakit kronis.

Minuman Bersoda

Minum minuman bersoda juga dapat menjadi penyebab gula darah tinggi. Minum minuman bersoda mengandung gula yang cukup tinggi, apabila minuman ini diminum berlebihan maka akan sangat tidak baik untuk kadar gula darah Anda.

Itulah beberapa penyebab gula darah tinggi yang harus anda hindari. Semoga artikel dari Bunda ini bermanfaat dan menginspirasi hidup sehat anda. Jangan lupa share ya, biar teman-teman kita juga bisa mengetahui tentang hal ini.

Sponsored link:

loading...

Related Posts