Beberapa Manfaat Tanaman Cengkeh untuk Pengobatan Herbal

CENGKEH (Syzygium aromaticum, syn. Eugenia aromaticum) adalah kuntum bunga kering yang dihasilkan dari pohon cengkeh, pohon cengkeh banyak tumbuh di daerah tropis, Indonesia dikenal sebagai salah satu negara penghasil cengkeh. Tanaman banyak dihasilkan di daerah Maluku. Cengkeh dewasa ini sebagian besar di manfaatkan untuk penyedap makanan sedangkan pemanfaatan untuk kesehatan sudah dikenal selama berabad-abad. 


Di Cina cengkeh sudah dimanfaatkan untuk menghilangkan bau mulut lebih dari 2000 tahun yang lalu, pada saat itu Kaisar sampai menyarankan apabila rakyatnya ingin bertemu beliau harus mengunyah cengkeh terlebih dahulu sehingga pada saat bicara akan tercium aroma yang harum. Bahkan cengkeh di Cina dan Persia juga dianggap bisa merangsang vitalitas seksual. 


Cengkeh berkhasiat sangat kuat untuk obat karena dapat merangsang, anti bakteri, anti virus dan antiseptic. Setelah diolah menjadi minyak cengkeh dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan rasa sakit untuk penderita sakit gigi karena kandungan senyawa yang terkandung didalamnya dapat membantu sirkulasi peredaran darah dan dan merangsang kulit apabila dioleskan langsung pada kulit. 


Berikut beberapa manfaat tanaman cengkeh untuk pengobatan herbal, diantaranya : Merangsang aromatik pernapasan: Dimanfaatkan untuk mengatasi mual, muntah-muntah, perut kembung, lemas dan gangguan pencernaan. Minyak cengkeh juga dapat dimanfaatkan sebagai pembasmi kuman yang ampuh dan penyembuh luka serta dapat melegakan tenggorokan. Cengkeh banyak dimanfaatkan sebagai obat secara nyata diantaranya digunakan untuk melindungi dari masuk angin dan perut kembung. Membantu merangsang sirkulasi darah dan mengatur suhu tubuh

Sponsored link:

Advertisement by Google


Gangguan Pencernaan: Cengkeh dapat merangsang produksi enzymatic dan meningkatkan berfungsinya pencernaan. Cengkeh digunakan dalam mengatasi permasalahan lambung, sakit perut dan gangguan pada pencernaan. Adapun cara pembuatan obat untuk mengatasi muntah-muntah, sakit perut dan tenggorokan adalah dengan menghaluskan cengkeh dan dicampur madu kemudian diminum.


Kolera: Cengkeh sangat ampuh untuk mengatasi kolera karena dapat memperkuat lendir usus dan lambung serta menambah jumlah darah putih, adapun caranya dengan mengambil 4 gram kuntum cengkeh dan 3 gelas air kemudian di rebus sampai menjadi setengahnya.


Asma: Untuk pengobatan obat asma caranya dengan mengambil 6 kuntum cengkeh dicampur 30 ml air dan sedikit madu, lakukan hal tersebut 3 kali sehari.


Sakit gigi: Untuk pemanfaatan mengatasi sakit gigi caranya sangrai 10 butir cengkeh sampai hangus. Giling sampai halus, masukkan ke lubang gigi secukupnya, lalu tutup dengan kapas. Lakukan 2 kali sehari. Cara lain: sumbat gigi yang berlubang dengan kapas yang telah ditetesi minyak cengkeh.


Sakit telinga: Untuk mengatasinya caranya dengan mengoleskan minyak cengkeh ke telinga yang terasa sakit dengan menggunakan cotton buds.


Sakit kepala: Untuk mengatasi sakit kepala caranya dengan mencampurkan cengkeh, garam dan susu, karena sifat garam dapat menyerap cairan dan menurunkan tekanan darah.


Sirkulasi darah: Minyak cengkeh bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme tubuh anda, dengan meningkatkan sirkulasi darah akan menurunkan suhu tubuh.


Itulah beberapa manfaat dan khasiat dari cengkeh untuk obat herbal. Semoga bermanfaat.

Sumber : tanaman-herbal.com

Sponsored link:

loading...

Related Posts