Bagaimana Cara Menjaga kesehatan kulit dari Sinar Ultraviolet

Pembahasan tentang cara menjaga kesehatan kulit selalu menarik untuk dibicarakan, khususnya bagi kaum wanita. Dan lewat kesempatan ini kami juga akan membahasnya disini, yuk kita simak sama-sama. Sinar ultraviolet atau sinar UV, mungkin teman-teman sering mendengar istilah tersebut. Sinar UV dapat membuat kerusakan jaringan pada kulit. Hal tersebut dapat terjadi Karen radiasi dari Sinar UV dapat mengakibatkan rusaknya sel pada jaringan kulit. Sebenarnya, Sinar UV dalam jumlah yang sedikit tidak membahayakan kesehatan kulit, bahkan justru bermanfaat untuk mensintesis vitamin D pada tulang. Namun, radiasi yang terlalu berlebihan, sangat membahayakan kesehatan kulit. Bahkan jika kulit sudah terpaparsinar UV yang terlalu banyak akan mengakibatkan luka seperti luka bakar dengan jangka waktu yang cepat. Pemaparan dalam jangka waktu yang panjang dapat menyebabkan penebalan pada lapisan kulit yang paling atas dan juga dapat menyebabkan meningkatnya pembentukan pigmen pada bagian sel-sel.

tips dan cara menjaga kesehatan kulit

Terdapat 3 macam Sinar UV yaitu ultraviolet A, ultraviolet B, dan ultraviolet C. Pengelompokan tersebut berdasarkan pada panjang gelombangnya. Ada berbagai cara yang dapat digunakan untuk melindungi kulit dari efek negative sinar UV, antara lain:

1. Gunakan tabir surya sebelum beraktivitas

Untuk menjaga kesehatan kulit dari paparan Sinar UV, maka kita dapat menggunakan tabir surya. Apakah teman-teman sudah mengetahui apa itu tabir surya? Tabir surya merupakan sebuah zat yang dapat menghambat efek negative Sinar UV pada kulit. Teman-teman harus tepat dalam memilih tabir surya. Selain itu, teman-teman harus menggunakan tabir surya yang mencapai SPF (Suns Protection Factor). Ketika teman-teman memilih produk kosmetik, harus memperhatikan kandungan SPF pada kosmetik. Semakin tinggi SPF pada produk, maka semakin baik untuk digunakan. Hal ini disebabkan karena semakin tinggi SPF maka semakin lama perlindungan yang akan diberikan. Sebaiknya, jika teman-teman sudah menggunakan tabir surya jangan terlalu lama terpapar sinar matahari secara langsung.

Sponsored link:

Advertisement by Google

2. Menghindari sinar matahari secara langsung

Menghindari sinar matahari secara langsung bukan berarti kita tidak boleh keluar dari rumah. Kita tetap dapat keluar dari rumah, namun, sebaiknya menggunakan pelindung agar tidak terpapar sinar matahari secara langsung. Terutama jika teman-teman wanita atau pria yang aktif di luar rumah dari pukul 10.00 sampai dengan pukul 16.00. Jika teman-teman keluar dari rumah sebelum jam tersebut, justru paparan sinar matahari bagus untuk kesehatan tulang, khususnya pada sintesis vitamin D. Gunakan pelindung pada kepala seperti topi atau bisa juga dengan menggunakan payung. Kedua barang tersebut dapat meminimalisir paparan sinar matahari secara langsung.

3. Mengkonsumsi air putih yang banyak

Air putih memang sangat baik untuk kesehatan. Mengkonsumsi minimal 8 gelas dalam satu hari dapat menghindarkan diri dari berbagai penyakit yang berbahaya. Ternyata, air putih juga memiliki fungsi yang sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit. Pasti teman-teman sudah mengetahui bahwa ketika kita melakukan aktifitas, maka cairan tubuh pada tubuh kita akan hilang. Ketika cairan pada tubuh sangat kurang, maka dapat berakibat pada kesehatan kulit. Kulit akan menjadi kering dan juga kusam. Jika kulit sudah mengalami hal tersebut, maka kulit akan mudah mengalami penuaan. Oleh karena itu, konsumsi air putih setiap hari sebelum dan sesudah melakukan aktifitas.

Nah itulah tadi sedikit hal yang bisa kami sampaikan tentang cara menjaga kesehatan kulit khususnya dari ganguan sinar Ultraviolet agar kulit selalu sehat dan cerah merona. Terima kasih Anda telah berkenan mengunjungi blog begitu.com ini dan kita akan berjumpa lahi di artikel lainnya. Oh iya ada yang lupa, jika berkenan mohon bantu share ya artikel ini, agar teman lain juga bisa ikut membacanya, terima kasih dan salam cantik buat kalian semua.

Sponsored link:

loading...

Related Posts