Agar Baju Batik Kerja Anda Senantiasa Terlihat Baru

Batik merupakan salah satu baju kerja yang pasti dimiliki oleh semua wanita karier. Sebab, pakaian dari kain tradisional ini memang sangat tepat untuk dikenakan ke kantor. Batik mampu menghadirkan kesan formal, anggun, dan profesional, sekaligus hangat. Mengenakan batik saat berkerja juga merupakan bentuk nyata kecintaan dan penghargaan terhadap warisan budaya bangsa.

agar baju batik selalu kelihatan baru

Hanya saja, agar kesan positif dari mengenakan batik saat bekerja tidak luntur, satu hal yang pasti adalah batik harus dijaga agar tetap dalam kondisi terbaiknya. Warnanya tetap cemerlang. Tidak tergerus oleh proses pencucian dan penjemuran. Itulah sebabnya, Anda harus memberikan perlakuan yang benar pada busana batik kerja Anda. Perlakuan yang salah dapat merusak tampilan busana Anda, walau busana tersebut belum terlalu lama Anda beli dan kenakan. Jika tampilannya sudah rusak, Anda tentu akan enggan memakainya. Orang lain pun tentu akan menilai busana Anda tersebut sudah tidak layak pakai.

Sponsored link:

Advertisement by Google

Bagaimana merawat busana batik dengan benar sehingga warnanya tidak mudah pudar ? Berikut tips untuk Anda.

  • Gunakan sabun khusus untuk mencuci batik. Jika sulit menemukan sabun khusus untuk batik, Anda dapat menggantinya dengan sampo. Larutkan sampo di dalam air, lalu celupkan batik yang akan dicuci ke dalamnya.
  • Hindari menggunakan deterjen untuk mencuci batik.
  • Hindari menggosok batik. Jika kondisi tidak terlalu kotor, cukup rendam saja dengan air hangat. Namun, jika batik terkena noda makanan atau minuman, bersihkan dengan cara mengusapkan sabun mandi pada bagian yang kotor.
  • Hindari mencuci batik menggunakan mesin cuci.
  • Hindari menjemur batik bawah sinar matahari langsung. Cukup angin-anginkan di tempat yang teduh.
  • Hindari menyetrika secara langsung. Saat hendak menyetrika, lapisi batik dengan kain di di atasnya.
  • Jangan menyimpan batik dengan memberi kapur barus karena akan merusak batik.

Perawatan yang benar akan membuat baju batik Anda terlihat selalu baru dan cemerlang. Hingga Anda pun percaya diri mengenakannya untuk bekerja. Jangan sampai Anda enggan memakai batik yang sudah Anda beli dengan harga mahal karena warnanya pudar akibat perlakuan yang salah.

Sponsored link:

loading...

Related Posts