7 Tips Membantu Bayi Buang Angin Atau Sendawa

Tips membantu Bayi buang angin akan kami bahas melalui artikel ini. Beberapa waktu yang lalu kami memperhatikan di social media, khususnya facebook, topik yang satu ini banyak sekali dibahas. Ada beberapa Ibu muda yang menanyakan tentang hal ini dan merasa kebingungan dalam mencari solusi.

cara membantu bayi buang angin atau sendawa

Kemudian kami coba mencari informasi tentang cara membantu bayi buang angin atau sendawa yang sudah pernah di share oleh para pakar di internet. Beberapa sumber telah kami kunjungi dan kami catat beberapa poin pentingnya. Dan, sekarang saatnya kami menyajikan untuk Anda.

Sendawa timbul karena adanya udara atau gas yang terperangkap pada perut (saluran pencernaan) sehingga terkadang membuat bayi merasakan perasaan yang tidak nyaman di sekitar perut dan berujung pada tingkah laku yang rewel, tidak mau minum susu atau bahkan menangis.

“Sendawa terjadi akibat gas yang terperangkap di antara saluran pencernaan atas dan bawah, gas yang berlebihan ini kemudian harus dikeluarkan supaya perut kembali nyaman,” kata dokter pemerhati gaya hidup, dr Grace Judio-Kahl MSc, MH, CHt – Sumber : Wikipedia

Sendawa bisa disebabkan karena menangis, bernapas biasa dan menyusu pada botol atau asi. Untuk membantu bayi sendawa ada beberapa cara yang dapat dilakukan oleh ibu. Beberapa ibu memiliki cara merawat bayi yang berbeda termasuk ketika membantu bayinya untuk sendawa dan anda pun sebaiknya menemukan cara yang paling mudah sehingga bayi anda akan merasa terbantu karena dengan sendawa ia akan merasa nyaman dan tenang.

Sponsored link:

Advertisement by Google

Cara membantu bayi sendawa memang berbeda tiap ibu, tetapi anda dapat dengan mudah menemukan cara anda sendiri, mencoba berbagai cara dan memilih cara yang tepat tentu menjadi solusi mutlak bagi anda, nah untuk itu silahkan pilih beberapa posisi yang dapat membantu anak anda untuk sendawa lebih cepat agar merasa tenang dan nyaman.

Catatan : Silahkan untuk berkonsultasi dengan Bidan setempat untuk menemukan cara terbaik dari beberapa cara yang kami sajikan dibawah ini. Jangan menunggu masalah datang baru mencari solusi! Kalaupun saat ini masalah ini sedang tidak Anda alami, tidak ada salahnya untuk tetap berkonsultasi.

Cara pertama, sandarkan bayi anda dengan posisi telungkup, tumpu pantat bayi dengan lengan anda dan tepuk perlahan punggungnya sampai dia mengeluarkan semacam suara. Masing-masing bayi memiliki cara sendawa yang berbeda, ada yang mengeluarkan suara cukup keras sehingga terkadang momen ini menjadi momen yang menggelikan bagi anda dan suami.

Cara kedua, anda dapat melakukan langkah pertama namun dengan cara menggendognya dan membawanya berjalan dengan langkah seolah-olah meloncat, namun jangan terlalu keras karena justru akan membuatnya merasa takut. Elus punggungnya dengan lembut dan tunggu hingga ia mengeluarkan layaknya orang dewasa sendawa.

Cara ketiga, dudukkan bayi anda di pangkuan anda dan pegang perutnya sehingga bersandar sempurna, cara ini akan membantu bayi anda untuk sendawa lebih cepat.

Tips tambahan keempat, siapkan kain untuk mencegah baju anda terkena gumoh karena terkadang bayi sendawa dengan mengeluarkan gumoh.

Tips tambahan kelima, Jangan guncang bayi anda terlalu keras karena akan membuat bayi anda merasa tidak nyaman.

Tips keenam, peluk bayi anda dengan lembut, biasanya bayi akan memberikan reaksi bahwa dia merasa nyaman dan hal tersebut dapat merangsang bayi anda untukĀ  segera sendawa

Tips ketujuh, berikan asi eskslusif karena bayi yang minum asi jarang menghirup angin karena dapat mengantur hisapannya dengan nyaman dan baik.

Sponsored link:

loading...

Related Posts