7 Tips Membantu Bayi Buang Air Besar

Tentang bagaimana cara membantu bayi buang air besar ini kami sajikan khusus buat sobat Begitu.Com semuanya. Ketika bayi anda tidak buang air besar selama berhari-hari, anda harus waspada dan melakukan langkah darurat karena jika dibiarkan akan beresiko menimbulkan ganguan lainnya.

tips membantu bayi buang air besar

Catatan : Untuk mendapatkan cara terbaik, ada baiknya Bunda konsultasi terlebih dahulu dengan Bidan ataupun dokter. Jangan biasakan menunggu masalah datang baru kebingungan mencari solusi. Semisalpun masalah ini tidak sedang Bunda hadapi, silahkan catat beberapa tips ini dan konsultasikan.

Nah, untuk membantu bayi anda buang air besar ada 7 cara yang bisa anda lakukan segera.

Tips pertama, beri bayi anda minum air putih lebih banyak dari biasanya (konsultasikan dulu dengan dokter), tentu saja dengan catatan bayi anda telah biasa minum air putih sehabis makan. Dengan memberikan banyak air putih, akan membantu pencernaan agar mengencerkan feses atau paling tidak akan membuat feses menjadi lebih lembek.

Sponsored link:

Advertisement by Google

Tips kedua, lipat kaki bayi anda hingga menyentuh perut beberapa kali untuk merangsangnya agar buang air besar. Tetapi jangan tekan terlalu keras karena akan membuat bayi anda kesakitan dan merasa tidak nyaman. Jika bingung mintalah bantuan bidan untuk mengajari Anda.

Tips ketiga, jika bayi anda telah mengkonsumsi makanan padat, maka usahakan selalu menyisipkan sayuran dan buah di dalam menu makanannya setiap hari agar ia mendapatkan asupan serat yang cukup dan dapat melunakkan feses.

Tips keempat, mandikan bayi anda dengan air hangat.

Tips kelima, ajak ia bermain air untuk merangsang bayi anda terangsang untuk buang air besar.

Tips keenam, Jangan gunakan pencahar karena dikhawatirkan dapat menimbulkan efek samping yang tidak diketahui di kemudian hari. Untuk memastikan hal ini konsultasikan pada Bidan atau dokter.

Tips terakhir, bantu bayi anda untuk buang air besar dengan tetap berada di sisinya, sehingga dia tidak merasa tegang. Perasaan yang relaks dan nyaman akan membuat bayi anda merasa leluasa untuk buang air besar dengan tuntas.

Ketujuh tips di atas bukan berasal dari riset atau penelitian yang valid, melainkan berasal dari pengalaman beberapa orang tua yang mengalami masalah yang sama. Jika sampai beberapa hari kemudian bayi anda masih belum buang air besar, sebaiknya bawa ia ke dokter untuk mendapatkan penanganan dari ahlinya. Semoga artikel tentang perawatan bayi ini bermanfaat dan sampai jumpa di artikel berikutnya.

Sponsored link:

loading...

Related Posts