6 Cara Detox Alami Untuk Tubuh Ini Perlu Kita Ketahui Yuk Dibaca Dulu

Ingin lebih dalam mengenal tentang cara detox alami , silahkan simak artikel ini sampai selesai dan buatlah catatan kecil jika diperlukan agar lebih jelas. Detox atau detoksifikasi tubuh adalah sebuah proses yang bertujuan untuk menghilangkan dan membuang zat yang beracun di dalam tubuh kita. Beberapa metode detox itu sendiri telah banyak dipraktekkan dalam beberapa dekade. Meskipun bisa dikatakan belum terbukti dari sisi ilmiah guna menghilangkan racun di dalam tubuh manusia, akan tetapi cukup banyak orang yang menyatakan bahwa dirinya menjadi bisa lebih fokus serta makin energik dalam beraktivitas setelah melakukan detox. Kemungkinan besar hal ini terjadi dikarenakan tubuh kita tidak lagi tercemar beberapa makanan olahan yang berpengawet.

cara detoks alami

Sebenarnya, proses detox tubuh ini tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Siapapun yang ingin melakukannya membutuhkan bantuan dari ahli guna membantu mendampingi dan mengawasi jalannya program detox ini. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan dan jangan sampai proses detox yang dilakukan justru akan membahayakan bagi diri kita. Khususnya untuk detoksifikasi alkohol dan obat-obatan, ini sepenuhnya harus dilakukan dibawah pengawasan dari dokter ahli.

Salah satu jenis detox yang cukup sering kita dengar dan banyak dilakukan orang adalah detox buah. Apa manfaat detox buah ini? Ini adalah salah satu program detox yang sangat baik bagi tubuh. Ketika tubuh ini mendapatkan buah dengan jumlah yang cukup ,maka energi pada tubuhpun akan menjadi meningkat. Selain itu juga akan membantu dalam menjaga berat badan kita dan lebih daripada itu akan sangat membantu untuk mengurangi kemungkinan akan terjadinya stroke.

Detox buah ini bisa dilakukan dengan mengkonsumsi aneka macam buah atau bisa juga hanya dengan satu buah saja .Guna memperoleh hasil terbaik, maka kita bisa juga memilih buah tertentu yang kita suka, sehingga kita akan senang dalam menjalaninya dan tidak ada beban tertentu dalam mengkonsumsi buah ini. Tetapi satu hal yang harus di ingat! jangan sampai hal ini dilakukanlebih dari 7 hari secara terus menerus.

Salah satu buah yang mempunyai detoksifikasi tertinggi adalah buah jeruk, seperti jeruk limau, jeruk lemon dan jeruk kepok, konsumsilah! Jika diinginkan mengkonsumsi buah jeruk ini bisa digabungkan dengan pilihan buah yang lainnya,tergantung selera kita masing-masing. Ingat! Sekali lagi ditegaskan disini, jangan pernah melakukan hal ini lebih dari tujuh hari secara berturut-turut.

Selain menggunakan buah jeruk, kita juga bisa mencoba program detox anggur. Seperti yang kita tahu bahwa buah Anggur ini memiliki kandungan resveratrol,dimana kandungan ini mampu dengan baik melindungi tubuh kita dari adanya serangan kanker dan juga diabetes. Dia berfungsi mencegah terjadinya pembekuan darah. Buah Anggur ini juga merupakan salah satu sumber vitamin C dan kalium. Konsumsilah buah Anggur ini bersama pilihan buah lain yang kita sukai berturut-turut 3 sampai dengan 5 hari.

Selain dikonsumsi atau dimakan secara langsung, kita bisa membuatnya menjadi cair .Sebaiknya hindarilah untuk mengkonsumsi makanan apapun kecuali minuman seperti air putih, teh, jus buah dan sayuran selama 2 atau 3 hari. “Diet cair” ini bisa membantu melejitkan pencapaian pengurangan berat dari badan kita dan tentunya membatasi asupan atas kalori. Selain itu ini juga diyakini bisa membantu membersihkan tubuh kita dari racun tertentu .Walaupun memang tidakada penelitian yang solid guna mendukung klaim ini.

Pastikanlah selalu untuk memasukan jus ini pada rangkaian menu sehari-hari guna memastikan bahwa tubuh kita setiap hari akan mendapatkan makanan dan minuman yang sehat dan tepat. Kembali ke tujuannya! Jika keinginan kita melakukan detox buah ini untuk membantu menurunkan berat badan,maka ada baiknya setelah kita melakukan detox ini kita juga harus memperbaiki dan meninjau ulang pola makan kita. Jika tidak ada evaluasi dan perubahan, maka janganlah heran ternyata berat badanmu akan kembali naik nantinya.

Bukan hanya dengan makan buah dan sayuran selama 7 hari, buah dan sayuran ini mengandung mineral, vitamin dan nutrisi penting lainnya yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita untuk bisa selalu tetap sehat. Maka, pastikanlah untuk selalu mengkonsumsi menu makanan untuk memastikan kita mendapatkan asupan nutrisi yang cukup. Gunakanlah panduan ringkas berikut untuk guna menentukan apa saja yang perlu dan penting kita konsumsi.

Perbanyak makan buah dan sayur

Untuk mendapatkan lemak baik, maka konsumsilah alpukat, zaitun dan kelapa. Dan untuk mendapatkan folat yang juga penting bagi tubuh kita bisa mendapatkannya dari bayam, jeruk, kacang polong dan melon. Untuk memenuhi kebutuhan akan serat kita bisa mendapatkannya dari kacang kedelai, kacang hitam, kacang merah dan buah apel. Kalium bisa diperoleh dari pisang, wortel, ubi jalar dan kentang putih. Dan untuk vitamin kita bisa mengkonsumsi tomat, mangga, buah kiwi, kembang kol dan paprika.

Konsumsilah makanan yang organik

Cobalah untuk selalu mengkonsumsi aneka makanan organik termasuk daging organik. Kenapa demikian? Seperti kita tahu bahwa aneka makanan yang non organik kebanyakan memakai bahan kimia. Lihat saja mulai dari proses penanamannya, pohon-pohon itu tumbuh menggunakan aneka pupuk kimia termasuk pestisida. Tetapi untuk yang organik, seperti daging organik misalnya, tentunya ini akan memiliki antibiotik lebih sedikit dan menggunakan aneka macam obat yang juga lebih sedikit.

Sponsored link:

Advertisement by Google

Catatan : Selalu periksa label pada setiap kemasan untuk memastikan apakah makanan yang kita beli atau daging yang kita beli itu termasuk dalam makanan yang organik atau nun organik. Makanan dalam kemasan yang organik ini biasanya akan memiliki labelhijau “usda certified organic seal”.

Minumlah air yang cukup

Minumlah air putih dalam jumlah yang cukup, air putih yang cukup ini sangat penting untuk membantu menjaga kesehatan kita. Disamping untuk menjaga keshetaan, air yang masuk dalam tubuh ini sangatlah penting guna menjaga kadar cairan di dalam tubuh kita dan juga membantu ginjal dalam mengeluarkan toksin dan kotoran lain yang di dalamnya. Kita bisa juga menambahkan jeruk lemon atau jeruk nipis di air minum yang kita konsumsi. Alasannya adalah karena kandungan asamsitrat yang ada pada jeruk ini mampu membantu mengurangi lemak berlebih dalam tubuh. Dengan menambahkan rasa di air putih yang akan kita minum ini akan membuat kita bersemangat mengkonsumsi air putih menjadi lebih banyak, idealnya adalah 8 gelas per hari. Dan tolong dicatat! Janganlah kita lupa untuk selalu menggosok gigi setelah makan untuk menghindari dan mencegah erosi akibat pengaruh asam dari lemon.

Batasi atau sekalian hindari konsumsi alkohol

Cara detox alami yang kita lakukan hendaknya bisa juga diikuti dengan membatasi atau menghentikan sekalian konsumsi alkohol. Banyak hasil penelitian yang menunjukkan bahwa mengonsumsi alkohol ini sangat berkaitan erat dengan munculnya beberapa penyakit yang salah satunya yang paing utama adalah kanker, termasuk penyakit kanker payudara pada wanita. Selain alkohol, kita juga harus menghindari konsumsi gula berlebih. Kebiasaan mengonsumsi gula berlebih bisa meningkatkan naiknya kadar gula dan membuat kita beresiko cukup besar untuk terkena diabetes, kanker dan jantung. Penting untuk selalu membaca label nutrisi pada makanan kemasan dan berika kewaspadaan lebih terhadap adanya gula tambahan pada saus, Salado dan roti.

Hindari racun yang berbahaya

Penting untuk selalu mencoba membatasi diri supaya tidak sering-sering terkena beragam kandungan racun berbahaya yang ada di udara. Antara lain karbon monoksida dan juga asbes yang umumnya sering kita jumpai dirumah-rumah .Karbonmonoksida ini adalah termasuk dalam bahan kimia berbau yang sangat berpotensi untuk menjadi penyebab terjadinya sakit kepala dan lesu. Karbon ini pada umumnya dihasilkan dari mesin kendaraan, tungku-tungku dan pemanggang. Agar terhindar dari ini maka pastika ventilasi di rumah kita cukup dan selalu kenakan masker saat berada di tempat-tempat yang berpolusi tinggi.

Puasa untuk membersihkan hati dan relaksasi

Selain apa yang kami sajikan diatas, tidak ada salahnya kita mencoba melakukan meditasi. Banyak Agama yang sudah menganjurkan untuk berpuasa sebagai salah satu pilihan cara untuk membantu memusatkan pikiran serta memberikan rasa tenang dan damai. Sementara tubuh kita dibersihkan, cobalah juga untuk selalu membersihkan hati kita dengan menjauhkan pikiran dan hati dari adanya rasa dendam, emosi, marah, galau, sedih dan banyak lagi perasaan negatif yang lainnya.

Jangan berlebihan! Kita harus bisa menggabungkan latihan ini dengan sebuah pola makan yang sehat dan seimbang. Saat kita melakukan ini, tubuh kita jangan sampai menjadi stress. Ingatlah bahwa tubuh ini membutuhkan waktu guna menyesuaikan dengan keadaan. Makanya jangan sampai kita lakukan hal-hal tertentu yang ekstrim kepada tubuh kita.

Ajaklah teman-teman kita

Cobalah untuk mengajak teman kita guna bersama-sama melakukan cara detox alami ini. Dengan begitu maka kalian bisa mendukung satu sama lain dan sekalian bisa saling berbagi tips dan info termasuk resep dan lain sebagainya.

Selama detox ini usahakan untuk makan secara perlahan. Maksudnya adalah saat mengunyah makanan lakukanlah secara perlahan dan jangan buru-buru, dengan mengunyah secara perlahan ini maka pencernaan kita akan sangat-sangatterbantu. Selain itu jagalah juga olahraga kita, coba temukan latihan ringan apa yang cocok buat kita dan jangan lakukan beberapa aktivitas yang bikin sakit karena terlalu berat untuk kita lakukan, misalnya lari atau angkat beban.

Pastikan juga kita selalu merasa rileks dan santai. Isilah waktumu dengan membaca buku dan bersantai. Sesekali boleh juga manjakan diri kita di SPA dan mintalah dilakukan pijatan lembut ditubuh kita. Istirahatlah yang cukup, pastikan tidur kita minimal 8 jam setiap hari supaya tubuh kita selalu fit.

Penting untuk selalu diperhatikan

  • Jangan melakukan detoksifikasi ini lebih dari 14 hari .Puasa ataupun detox dalam jangka panjang dikatakan bisa merusak susunan dari metabolisme tubuh kita.
  • Jangan sampai kita pingsan. Jika terjadi kita mendadak pingsan dan kita tidak kuat lagi atau mungkin diet kita sudah terlalu jauh maka, segeralah kita makan sepotong kue atau biskuit untuk membantu meningkatkan kadargula darah. Kemudian kita juga boleh mengkonsumsi salah satu pilihan minuman olahraga dimana biasanya kaya akan kandungan elektrolit
  • Janganlah kita melakukan detox cairan ini selama 3 hari terus menerus berturut-turut. Seperti banyak ditulis diberbagai sumber bahwa beberapa detoks ini diketahui bisa menyebabkan kelesuan pada 1 atau 2 hari pertama.
  • Jangan pernah mengikuti detoks ini hanya karena kita ikut-ikutan saudara, teman atau yang lainnya. Pastikanlah terlebih dahulu sebelumnya, jangan asal-asalan, kita harus berkonsultasi dengan dokter sebelum kita melakukan detoks ini.

Demikian artikel tentang cara detox alami ini kami rangkum dari berbagai sumber di internet untuk sekedar menambah wawasan dan pengetahuan bagi kalian semua. Jika kamu merasa artikel ini bermanfaat, mohon berkenan share ke FB kamu ya.

Sponsored link:

loading...

Related Posts