5 Wisata Pantai Gunung Kidul yang Cantik Mempesona

Salah satu kabupaten di Yogyakarta ini mulai terkenal sebagai destinasi wisata unggulan di tanah air. Bagaimana tidak, Gunung Kidul mempunyai sejuta pesona wisata yang sudah lama tak pernah ter-expose  ke luar. Namun sekarang sudah banyak yang tahu bahwa Gunung Kidul memiliki wisata yang menakjubkan. Salah satu wisata unggulan dari kabupaten yang terletak di sebelah tenggara Yogyakarta ini adalah pantai. Wisata Pantai Gunung Kidul sangat banyak dan beragam.

Membentang di sepanjang tepi selatan area kabupaten, pantai di Gunung Kidul menghadap langsung ke Samudera Hindia, sehingga tak heran kalau ombaknya cukup besar. Selain itu, karakteristik pantai di sana adalah banyaknya karang-karang besar yang semakin mempercantik pemandangan. Jika kamu bosan dengan pantai-pantai yang ada di Indonesia lainnya, ada baiknya mencoba yang ada di Gunung Kidul. Ada belasan pantai disana, berikut 5 diantaranya:

Pantai Baron

Pantai Baron

Pantai Baron

Pantai Baron adalah salah satu pantai terkenal di Gunung Kidul, lokasi pantai berada di Desa kemadan Kecamatan tanjungsari, Kabupaten Gunung kidul ini dapat di tempuh kurang lebih 40 Km dari  kota Yogyakarta. Menyimpan pesona yang indah, yang menjadi  andalan dan menjadi daya tarik wisatawan adalah wisata sungai air tawar dan konturnya yg berlembah. Di pantai ini terdapat pertemuan dua arus yaitu arus sungai yang airnya tawar serta arus laut yang asin sehingga airnya menjadi payaw.

Pantai Sepanjang

Pantai Sepanjang

Pantai Sepanjang

Sponsored link:

Advertisement by Google

Pantai sepanjang  salah satu pantai yang masih alami Gunung kidul, lokasi pantai ini di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung kidul, yang menjadi daya tarik dari pantai sepanjang ini adalah selain pesona yang masih alami, banyak yang menyebut pantai ini  mirip dengan pantai kuta di Bali. Pantai ini juga salah satu pantai konservasi dan sebagai tempat singgah penyu  untuk bertelur.

Pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal

Pantai ini berada di kecamatan Tepus, Gunung Kidul dan berada diantara pantai Indrayanti (sebelah barat) dan pantai suing (sebelah timur). Salah satu ikon dari Pantai yang mulai dibuka pada tahun 2012 ini adalah sebuah pohon duras (pok tunggal) yang masih berdiri kokoh di dekat pantai. Seperti kebanyakan pantai di Gunung Kidul, pantai ini memiliki garis pantai yang cukup panjang dengan pasir putih diatasnya. Pada saat air pasang, kamu dapat berenang di sekitar tepian pantai.

Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti

Mulanya pantai Indrayanti bernama pantai Pulang Sawal. Namun hingga saat ini orang lebih suka menyebutnya pantai Indrayanti. Pantai ini adalah salah satu pantai paling ramai diantara wisata pantai Gunung Kidul Jogja yang lainnya. Dengan garis pantai yang panjang dan banyak gasibu di sepanjang garis pantai, banyak orang yang menyebut pantai ini sebagai Kuta-nya Jogja.

Pantai Siung

Pantai Siung

Pantai Siung

Pantai kelima yang terindah di Gunung Kidul adalah pantai Siung. Letaknya ada di ujung timur kabupaten Gunung Kidul. Salah satu ikon di Pantai Siung adalah karang besar yang menjulang tinggi di lepas pantai yang mirip dengan gigi taring (suing). Konon, oleh karena itu pantai ini dinamakan pantai Siung.

Sponsored link:

loading...

Related Posts