5 wisata pantai di Jogja yang terletak di Kabupaten Gunung Kidul

Wisata Jogja tak hanya candid an keraton, tapi Jogja punya pantai yang indah-indah. Belum lama ini wisata pantai di Jogja, terutama yang berada di daerah Gunung Kidul, sedang mengalami lonjakan pengunjung yang cukup signifikan. Dekade pertama tahun 2000an ini memang menjadi momentum untuk kabupaten Gunung Kidul mempromosikan keindahan pantainya yang telah lama tersembunyi. Karakteristik pantai di Gunung Kidul adalah pasir putih, karang-karang besar, biru air laut dan ombak yang tinggi. Hingga saat ini sudah belasan pantai yang menjadi obyek wisata di Gunung Kidul, berikut ini beberapa diantaranya:

Pantai Kukup

Pantai Kukup

Pantai Kukup

Pantai pertama yang akan kita bahas adalah Pantai Kukup yang berada di Gunung Kidul, Yogyakarta. Pantai ini disebut-sebut sebagai Tanah Lot-nya Jogja. Tidak berlebihan memang karena terdapat pulau karang besar di sebelah barat pantai yang mirip tanah Lot di Bali. Untuk mencapainya, kamu perlu berjalan menaiki tangga dan jembatan yang sudah disediakan. Di pulau karang itu terdapat sebuah gasibu yang bisa digunakan untuk berteduh. Dari atas sana kamu bisa menyaksikan pantai Kukup dengan keindahan pasir putihnya serta birunya air laut samudera Hindia.

Pantai Nglambor

Pantai Nglambor

Pantai Nglambor

Jangan dikira kamu tidak bisa melakukan snorkelling di pantai Gunung Kidul, buktinya di pantai Nglambor kamu bisa melakukannya. Meskipun kedalamannya tidak seperti di laut-laut utara Jawa, namun keindahan bawah lautnya tetap mempesona. Kamu bisa melihat warna-warni ikan dan berbagai jenis terumbu karang. Air lautnya yang jernih membuat pandangan kita seakan tidak terhalang. Untuk mencapai Pantai Nglambor, kamu harus mengikuti rute ke arah pantai Siung. Nanti di sana ketemu pertigaan yang menunjukan arah ke Pantai Nglambor.

Sponsored link:

Advertisement by Google

Pantai Indrayanti, Gunung Kidul

Pantai Indrayanti, Gunung Kidul

Pantai Indrayanti

Dulunya pantai ini sepi dan tidak banyak pengunjung yang datang. Kondisi berubah setelah tahun 2010 sampai sekarang. Indrayanti adalah pantai yang paling sibuk dan ramai diantara pantai-pantai lain di Gunung Kidul. Indrayanti menyimpan keindahan berupa garis pantai yang panjang dengan hamparan pasir putih yang indah. De sekitar bibir pantai banyak sekali terdapat warung-warung gazebo yang disewakan untuk kamu yang perlu berteduh.

Pantai Siung

Pantai Siung

Pantai Suing

Obyek wisata pantai di Jogja selanjutnya adalah pantai Siung. Lokasi pantai Siung berada agak di ujung timur kabupaten Gunung Kidul. Kalau dari kota Jogja bisa ditempuh dengan waktu 2 jam kurang lebih. Seperti pantai Gunung kidul lainnya, pantai suing memiliki pasir putih dan karang-karang besar. Salah satu yang istimewa adalah bukit yang terdapat di sisi timur pantai. Kamu bisa mendaki bukit itu untuk melihat pemandangan laut yang biru dan pantai suing dari ketinggian. Selain mendaki, bagi kamu yang bernyali besar, kamu bisa mencapainya dengan cara panjat tebing. Ya, olahraga ekstrim ini juga tersedia di pantai ini tentunya di bawah pengawasan orang yang ahli.

Pantai Jogan

Pantai Jogan

Pantai Jogan

Melihat air terjun di bibir pantai? Pantai Jogan salah satu jawabannya. Pantai ini lokasinya tidak jauh dari Pantai Siung dan Nglambor. Bagi kamu yang ingin melihat air terjun dengan air yang melimpah datanglah pada musim penghujan karena pada musim kemarau debit air sangat sedikit. Kamu juga bisa menikmati indahnya sunset di pantai ini.

Sponsored link:

loading...

Related Posts