4 Wisata Kuliner Samarinda yang Membuat Lidah Tak Bisa Diam

Kalimantan Timur memang menyimpan sejuta keindahan alam dan ada juga wisata kuliner Samarinda yang sangat terkenal. Di Kalimantan Timur khususnya Samarinda terdapat kuliner enak Samarinda yang membuat kita semua akan ketagihan jika berkunjung di Kalimantan Timur. Berkunjung ke Kalimantan Timur jangan hanya mengunjungi kota Kutai saja tetapi kamu juga bisa berkunjung ke Samarinda. Di sana terdapat banyak makanan lezat yang wajib dicicipi saat berkunjung ke sana.

Nasi Kuning Khas Samarinda

Nasi Kuning Khas Samarinda

Nasi Kuning

Meskipun kota Samarinda itu terletak di Pulau Kalimantan dan kebanyakan di sana adalah orang Dayak, di kota ini kamu akan menemui kuliner enak yang satu ini. Nasi kuning memang salah satu makanan khas orang Indonesia dan berbagai daerah mempunyai ciri khas tersendiri tentang rasanya.Nasi Kuning yang ada di Samarinda memang telah menjadi salah satu kuliner andalan. Hampir di setiap ruas jalan di kota Samarinda terdapat penjual yang menjajakan nasi kuning. Jika sebagian besar daerah di Indonesia menjual nasi kuning di pagi hari, di kota Samarinda hamper 24 jam kita bisa menemui penjual nasi kuning. Bahkan di kota ini pun juga terdapat kampung nasi kuning yang berada di jalan Lambung Mangkurat karena di sepanjang jalan ini kita bisa menemukan banyak sekali penjual nasi kuning. Jika penyajian nasi kuning pada umumnya dilengkapi dengan suiran daging ayam tetapi di Samarinda mempunyai ciri khas tersendiri yaitu dengan ikan gabus.

Sponsored link:

Advertisement by Google

Soto Banjar

Soto Banjar

Soto Banjar

Berkunjung ke Kalimantan belum lengkap jika belum mencicipi Soto Banjar.Memang Soto Banjar berasal dari Kalimantan Selatan tetapi kebanyakan penduduk Kalimantan sangat menyukai Soto Banjar ini.Hampir di seluruh wilayah Kalimantan kita bisa menemukan penjual Soto Banjar.Jika kita berkunjung ke Kalimantan, menikmati Soto Banjar itu sangat wajib sekali. Soto Banjar juga menjadi kuliner favorit yang ada di kota Samarinda. Di sini kamu bisa mengunjungi RM Syari di jalan Sudirman karena Soto Banjar yang paling enak dan terkenal ada di sini.Soto Banjar sendiri terdiri dari perkedel kentang, suiran ayam, dan yang menjadi ciri khas adalah memakai kuah santan.

Masakan khas Kutai

Masakan khas Kutai

Masakan khas Kutai

Kamu juga bisa menikmati kuliner Samarinda yang lainnya contohnya adalah masakan khas Kutai.Meskipun berada di Samarinda kamu juga bisa mencicipi masakan khas Kutai seperti puyu bakar, gangan asam, rojak singkil dan terong bakar.Kamu bisa menemukan kuliner khas Kutai di Samarinda di rumah makan Pondok Selera yang beralamat di Jl. Kadri Oening.

Ayam Banjar

Ayam Banjar

Ayam Banjar

Kuliner yang ada di Samarinda memang banyak sekali dan yang menjadi favorit lainnya adalah ayam Banjar.Ayam Banjar sendiri mempunyai rasa yang sangat khas dan untuk menikmati makanan ini biasanya dilengkapi dengan sayur bening, sayur santan labu kuning, sambel dengan potongan jeruk dan tidak ketinggalan adalah sambel goring ati.

Kuliner yang lain yang wajib dicoba saat mengunjungi kota Samarinda adalah sate banjar, bubur ayam Banten dan juga gado-gado kemuning. Di kota Samarinda memang banyak sekali pilihan kuliner yang sesuai dengan lidah kita.

Sponsored link:

loading...

Related Posts