13 Tips Diet Seimbang agar Langsing Dan Sehat

Tubuh ideal adalah dambaan tiap-tiap wanita, karenanya butuh mewujudkan pola hidup sehat layaknya : pengaturan pola makan, latihan kesehatan tubuh, hindari merokok, hindari minuman alkohol, dll. Dengan melakukan pola hidup sehat, maka tidak cuma tubuh ideal yang didapat melainkan juga tubuh yang bugar. Saat ini dapat dibicarakan tentang diet seimbang dengan penentuan bahan makanan yang pas serta sehat.

diet seimbang

(c) shutterstock.com

Apa yang disebut dengan diet seimbang ?

Diet seimbang yaitu diet dengan komposisi makanan yang seimbang mengikuti dasar gizi seimbang yang disarankan di indonesia, layaknya komposisi karbohidrat 50-60% dari keseluruhan kalori, protein 10-20% serta lemak 20-30% dari keseluruhan kalori yang diperlukan oleh seorang dewasa dengan kegiatan menengah.

Bagaimanakah untuk meraih tubuh yang ideal ?Sesungguhnya tidaklah sukar memperoleh tubuh ideal ( berat badan serta tinggi badan ). Pada mulanya kita mesti tahu terlebih dulu berat badan ideal kita ( kg ) dengan rumus :

  • tinggi badan ( tb ) cm – 100 X 10% ( tb-100 ).

Jika berat badan anda sekarang ini melebihi berat badan ideal, maka butuh dikerjakan pembatasan konsumsi makanan ( pembatasan jumlah kalori yang masuk ) dengan tujuan penurunan berat badan  alami ½ hingga 1 kg per minggu. Jalan keluar paling baik untuk menurunkan berat badan yang berlebih adalah dengan olah raga dan membatasi jumlah kalori yang dikonsumsi. Sebaliknya jika berat badan anda sekarang ini di bawah berat badan ideal, maka anda mesti menambah porsi makan dengan teratur supaya diperoleh menambahkan berat badan ½ – 1 kg perminggu.

Daftar Bahan Makanan Sehat :

1.  Karbohidrat kompleks

Padi-padian adalah sisi dari makanan manusia sejak berabad-abad yang silam : beras merah, roti gandum, barley, oat, millet, couscous, serta quinoa. Beras merah bisa menangani masalah pencernaan serta kurangi risiko kanker lambung serta usus.

Padi-padian kaya  serat larut serta tidak larut dan berfungsi menghindari sembelit, mengikat kolesterol beresiko serta membuangnya. Padi-padian sumber protein, rendah lemak, kaya  karbohidrat kompleks, serat, vit., serta mineral.

2.  Polong-polongan

Kaya  protein rendah lemak, sumber vit. serta serat.
Untuk masakan baiknya pakai polong-polongan kering dikarenakan didalam sistem memasak umumnya ditambahkan gula serta garam. Perumpamaan : kacang polong kering,

Langkah memasak : rendam terlebih dulu sekurang-kurangnya 8 jam sebelum saat dipakai didalam masakan. Rendam didalam air dingin fresh semalaman. Esok paginya tiriskan serta basuh. Rebus sepanjang 10 menit sampai mendidih, lantas rebus lagi dengan api kecil sampai kacang betul-betul masak. ( kacang lentil tak perlu direndam )
Janganlah mengonsumsi polong-polongan didalam situasi mentah maupun 1/2 masak dikarenakan bisa mengakibatkan alergi.

3.  Kecambah

Kecambah datang dari polong-polongan serta biji-bijian. Kandungan nutrisi kecambah semakin banyak layaknya kandungan vit. C sekitar 30% serta vit. B 30%.

4.,  Tumbuhan laut

Rumput laut layaknya arame, kombu, memiliki kandungan vit., mineral, serta antioksidan yang dapat melindungi kesehatan kulit, rambut, serta kuku.

5.  Kacang-kacangan serta biji-bijian

Sponsored link:

Advertisement by Google

Kacang-kacangan serta biji-bijian adalah pengganti daging serta keju yang amat baik. Tak hanya kaya protein, kacang-kacangan serta biji-bijian bisa kurangi risiko penyakit jantung serta kanker. Perumpamaannya : walnut, almond, mete, kacang tanah.

6.  Tumbuh-tumbuhan bumbu fresh serta rempah-rempah

Tumbuhan bumbu mempunyai dampak bersihkan sistem tubuh, melancarkan pencernaan. Sebagian tumbuh-tumbuhan bumbu : ketumbar, lengkuas, kunyit, , dll

7.  Minyak serta cuka apel

Minyak zaitun organik, minyak biji bunga matahari, serta minyak bunga sunflower mempunyai kandungan asam lemak esensial serta vit. E yang baik untuk jantung serta kulit. Dikarenakan minyak memiliki kandungan kalori yang tinggi, pakai minyak didalam jumlah kecil ( 1/2 sendok makan ). Pakai cuka apel sebagai penambah rasa asam alami.

8.  Air

Minum 1 gelas air hangat dengan irisan jeruk lemon pada waktu bangun tidur pada pagi hari amat disarankan didalam program detoks. Baiknya anda tidak menanti rasa haus datang untuk minum, anda mesti minum air putih sedikit untuk  tiap-tiap hari meskipun tidak merasa haus. Beberapa  orang tidak minum cukup cairan didalam 1 hari, yang ditandai dengan berubahnya warna urin jadi kuning tua.

9.  Buah-buahan & sayuran

Buah serta sayuran mempunyai nilai gizi tinggi, banyak memiliki kandungan vit., asam amino, antioksidan, phytonutrient, serta mineral yang amat mutlak. Kandungan serat serta kaliumnya juga tinggi namun bahan sisa serta kalorinya rendah. Mesti kita upayakan supaya buah serta sayuran yang kita makan didalam situasi fresh serta tidak terkontaminasi dengan zat pestisida ataupun pengawet. Buah yang tidak fresh atau penyimpanan yang lama bisa kurangi kandungan zat gizinya. Pengolahan juga bisa bikin zat gizi jadi hilang. Anda disarankan untuk mengonsumsi sayuran didalam situasi mentah dikarenakan dapat bersihkan usus dengan lebih efektif. Sayuran mentah memiliki kandungan serat lebih tinggi. Buah fresh contohnya, apel, jeruk bali, dll

  • Sayuran yang bisa dimakan mentah diantaranya daun selada, daun kemangi, , dll
  • Sayuran yang dimakan masak atau dikukus yaitu brokoli, terong, labu siam, bayam, lobak, buncis, dll
  • Polong-polongan yang direbus atau dikukus : buncis, kapri, pete, kedelai, dll

10. Ikan serta ayam

Disarankan mengonsumsi ikan fresh yang tidak tercemar merkuri. diantaranya : ikan kakap, kembung, bandeng, tuna, dll

Ayam kampung mempunyai kandungan lemak yang lebih rendah serta bebas dari hormon dibanding dengan ayam negeri. Buang kulit ayam sebelum  diolah, potongan dada ayam mempunyai kandungan lemak lebih rendah dibanding potongan paha ayam

Telur kurang disarankan dikarenakan gampang terkontaminasi bakteri apabila memasaknya tidak masak.

11. Product non susu, contohnya keju kambing atau domba, rice milk, soy milk

12. Minuman teh

Semua type teh herbal contohnya green tea, mint tea, echinaceae tea, dan seterusnya. Disamping itu bisa diberikan madu yang dilarutkan air, perasan jeruk lemon, untuk menambah citra rasa

13. Makanan lain

Tahu tahu, tempe, tauco, minyak canola, minyak zaitun, minyak wijen, nori , miso ( tahu jepang ), mustard , yoghurt.

Bagaimana dengan tehnik memasaknya ? Sepanjang menggerakkan program penurunan berat badan, kita hindari menu gorengan. Kerjakan teknik mengukus sayuran 1/2 masak atau masak, menyiram dengan air mendidih sayuran mentah yang dapat kita makan, memakai microwave, menumis, memanggang, serta merebus singkat.
Jumlah porsi yang dimakan cocokkan dengan porsi makan anda tiap harinyai, apabila anda mempunyai tubuh yang gemuk sekiranya bisa kurangi porsi makan, namun apabila anda bertubuh ideal, tentukan jumlah porsi makan anda supaya tidak menaikkan berat badan anda.

Selamat berdiet seimbang, jangan lupa konsultasikan dengan ahli gizi atau dokter untuk hasil yang terbaik …. semoga faedah !

Sponsored link:

loading...

Related Posts